Ahli Listrik Sedunia Kumpul di PJB, Tukar Pikiran Teknologi Pembangkit

Suasana PJB Connect di kantor PJB Jalan Ketintang Baru Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 30 Oktober 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ratusan pelaku usaha pembangkitan energi listrik, ahli pembangkit, teknisi, dan akademisi dari berbagai negara berkumpul di PT Pembangkitan Jawa-Bali atau PJB di kantor pusatnya di Surabaya, Jawa Timur, pada 29-31 Oktober 2018. Mereka berbagi pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan ketenagalistrikan.

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

Forum pembangkit energi itu dikemas dalam PJB Conference and Exibition of Technology atau Connect. Dalam kegiatan rangkaian HUT ke-23 PJB itu, seminar dan pameran produk-produk pembangkitan digelar. Acara dibuka oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan pada Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi, pada Selasa, 30 Oktober 2018.

Direktur Utama PJB, Iwan Agung Firstantara, mengatakan bahwa PJB Connect adalah kegiatan tahunan PJB yang digelar sejak 2016. Ini merupakan forum internasional yang mempertemukan berbagai pihak yang terlibat, langsung maupun tidak langsung, dalam bisnis pembangkitan.

PLN Sebut Transaksi SPKLU Naik 5 Kali Lipat hingga H-3 Lebaran 2024

Tema diusung pada kegiatan itu ialah Advance to Maximize Value. "Tema itu kami pilih untuk menggambarkan kondisi PJB yang telah mengimplementasikan berbagai sistem manajemen best practice yang terintegrasi dalam PJB Integrated Management System 2.0 dan Customisasi Product 2.0.," kata Iwan.

Beberapa teknologi sudah diterapkan PJB dalam mengoperasikan pembangkitan tenaga listrik di semua unit pembangkit yang dikelola. Salah satunya di Pembangkit Listri Tenaga Uap di Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Misalnya pada pengelolaan batu bara sebagai pendorong.

Dirut PLN Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

Kepala Bidang Engineering PJB, Teguh Widjajanto, mengatakan bahwa PLTU Paiton sudah menerapkan teknologi yang efesien dan murah ongkos produksinya. Ke depan, lumbung listrik di Pulau Jawa itu bakal menggunakan boiler ultra supercritical. "Boiler itu efesiensinya tinggi sekali sehingga menurunkan production cost," ujarnya. (ren)

PLTA Saguling yang dikelola PLN Indonesia Power.

Intip Keandalan Pembangkit Listrik EBT PLN Indonesia Power saat Lebaran 2024

PLN Indonesia Power (PLN IP) memastikan Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Saguling sebagai salah satu pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) tetap andal saat Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024