Jokowi Keluar Malam Cek Harga di Pasar

Ilustrasi Jokowi di Pasar
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA –  Presiden Joko Widodo keluar malam, menuju pasar tradisional Pasar Bogor, untuk memastikan laju inflasi stabil, Selasa 30 Oktober 2018. Selama berada di pasar, Jokowi yang didampingi Wali Kota Bogor, Bima Arya, berkeliling untuk mengecek sejumlah harga di pedagang. 

Kaleidoskop 2023: Harga Bahan Pokok Melejit Bikin Daya Beli Rakyat Terjepit

"Karena, kalau kita melihat angka-angka inflasi itu kan di bawah tiga setengah. Artinya, bahwa harga itu stabil," kata Jokowi kepada VIVA dan sejumlah awak media yang hadir.

Saat meninjau, Jokowi juga mengecek harga perbandingan kenaikan dan sebelum kenaikan. Menurutnya, kenaikan merupakan kondisi normal akibat suplai barang. 

Daftar Harga Pangan 28 Desember 2023: Bawang Merah dan Daging Sapi Naik

"Dan, tadi beberapa saya lihat memang, beberapa ada penurunan. Penurunan cabai ijo biasanya Rp8.000-10 ribu, ini hanya Rp7.000.  Terus, buncis harganya Rp16 ribu, tadi R12 ribu. Tetapi, ada yang naik misal alpukat, dari Rp20 ribu jadi Rp25 ribu. Ini kan, tergantung supply dan demand kan. Kalau suplainya dikit, berarti otomatis harganya naik tinggi. Kalau bagi perdagangan di pasar itu sesuatu yang biasa," kata Jokowi.

Apakah harga masih terjamin aman? Mantan Wali Kota Solo ini, lantas menyebut ada kenaikan dan ada penurunan. "Turun, terus naik lagi. Ya oke, naik turun. Kaya ayam naik dikit jadi Rp35 ribu," sebut Jokowi. 

Jokowi Cek Harga Bahan Pokok di Pasar Rogojampi, Begini Hasilnya

Jokowi menyimpulkan bahwa hasil pengecekan harga di pasar, sejalan dengan peta ekonomi mikro dan seusai inflasi. "Saya kira apa? Sejalan dengan peta makro ekonomi, terutama kembali lagi ke inflasi angka-angka itu, setelah kita cek di lapangan ya, seusai inflasinya stabil harga di pasar juga stabil," katanya.

harga bawang meroket

Daftar Harga Pangan 15 Januari 2024: Bawang Putih hingga Gula Naik

Harga komoditas pangan mayoritas masih terpantau naik. Hal ini tercatat pada komoditas beras, bawang putih, daging, telur ayam, gula konsumsi, hingga minyak goreng.

img_title
VIVA.co.id
15 Januari 2024