Pemerintah Siapkan Rp215 Triliun untuk Gaji PNS pada 2019

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kompleks Balaikota di DKI Jakarta/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp215 triliun untuk merealisasikan kenaikan gaji pokok pegawai negeri sipil atau PNS yang dipastikan naik sebesar lima persen pada tahun 2019. Itu, termasuk untuk gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya atau THR para aparatur sipil negara.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Anggaran itu tertuang di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2019, yang disahkan Dewan Perwakilan Rakyat untuk menjadi undang-undang dalam Rapat Paripurna pada Rabu 31 Oktober 2018.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani menjelaskan bahwa untuk kebutuhan gaji PNS pada 2019, anggaran yang disiapkan pemerintah sebesar Rp98 triliun dan untuk pensiunan Rp117 triliun. Total anggaran sebesar Rp215 triliun untuk para ASN itu saja.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

"Jadi, di sini, untuk kewajiban anggaran gaji, pensiunan, dan tunjangan, demi penuhi kewajiban dan pemberian gaji ke-13, THR, pensiunan, dan kenaikan gaji pokok keseluruhan ASN (Aparatur Sipil Negara)," kata Askolani di kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Rabu.

Dia juga menjelaskan bahwa kenaikan yang ditetapkan pada 1 Januari 2019 itu, bukan karena memasuki tahun politik, namun lebih karena gaji pokok PNS tidak pernah naik selama tiga tahun terakhir. Selain itu, sebagai antisipasi inflasi juga.

Oknum Satpol PP di Garut Dukung Cawapres, Plt PPP Ingatkan Instruksi Mendagri

Kenaikan gaji pokok, katanya, juga akan berlaku bagi calon pegawai negeri sipil yang lulus dalam tahap seleksi yang digelar pemerintah pada 2018. (asp)

IKN Nusantara.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Sebanyak 121.626 orang PNS sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024