KAI Obral Diskon Tiket Kereta tapi Tidak untuk Natal dan Tahun Baru

Sejumlah orang mengantre untuk membeli tiket kereta dalam KAI Expo di Indonesia Convention Exhibition, kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, pada Sabtu, 3 November 2018.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – PT Kereta Api Indonesia atau KAI menggelar pameran dengan aneka promo di Indonesia Convention Exhibition, kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten. Pameran itu berlangsung hanya dua hari, Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

KAI menawarkan berbagai potongan atau diskon tiket kereta untuk beberapa tujuan seperti Surabaya, Bandung, Malang, Banyuwangi, Yogyakarta, Semarang, dan lain-lain.

Ditawarkan sebanyak 239.240 kursi kereta dalam promo bertajuk Grow Together in Harmony itu. Potongan harganya bervariasi tetapi secara umum hampir lima puluh persen atau separuh harga normal. Periode promonya dimulai 5 November 2018 sampai 2 Februari 2019.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Contoh, tiket kereta kelas ekonomi dari Gambir tujuan Bandung dibanderol Rp50 ribu. Tiket ke kota lain seperti ke Surabaya Rp150 ribu, Yogyakarta Rp50 ribu, dan Malang Rp150 ribu. Pembelian tiketnya dapat melalui gerai-gerai perusahaan penyedia jasa penjualan tiket, seperti Tiket.com dan Alfamart.

"Untuk yang membeli harga tiket dengan potongan harga dari KAI ini mengikuti jam-jam tertentu seperti siang sampai sore, tidak diberlakukan semua karena menyesuaikan keretanya saja," kata Rusli, pegawai pelayanan pada gerai Tiket.com, saat ditemui wartawan.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

PT KAI sengaja menggelar promo itu untuk memikat masyarakat agar mau menggunakan kereta sebagai moda transportasi, terutama untuk berpergian pariwisata. Karena itu, KAI tak hanya menawarkan aneka promo, melainkan juga memamerkan sejumlah fasilitas, seperti kereta sleeper rute Jakarta-Surabaya.

"Saya harap, sih, jangan hanya pas promo, tapi seterusnya bisa menggunakan kereta, karena fasilitas yang kami berikan sesuai," kata Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing & Sales PT KAI, Mukti Jauhari, di lokasi yang sama.

Tak Berlaku Natal dan Tahun Baru

Promo tiket kereta itu memang untuk periode 5 November 2018 sampai 2 Februari 2019, tetapi tidak berlaku saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Namun KAI optimis penjualan tiket kereta dengan potongan harga hampir 50 persen akan mencapai angka 4.000 dalam waktu dua hari.

"Dengan promo dan fasilitas yang diberikan tentunya tidak berpengaruh ada tidaknya promo di hari Natal atau Tahun Baru," kata Mukti.

Saidah (70 tahun), seorang pembeli tiket promo di loket Tiket.com, sempat kecewa karena pembelian tiket tak berlaku saat libur Natal dan Tahun Baru. Meski demikian, ia tetap membeli tiket untuk perjalanan pulang ke kampungnya di Bandung. Dia hanya memajukan jadwal perjalanan pada 23 Desember dari rencana sebelumnya 25 Desember.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya