Tips Unik Berhemat dengan Cara Mengikuti Kepribadian

Belajar menghemat uang
Sumber :

VIVA – Tidak semua orang pintar berhemat dengan tepat mengatur keuangannya sendiri. Banyak yang hanya tahu teorinya, baca banyak artikel soal keuangan, atau mendengarkan nasihat seorang financial planner.

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Akan tetapi, kenyataannya, semua teori tersebut seperti tidak bekerja di dunia nyata. Hal ini bukan karena tidak bisa mengatur keuangan, mungkin caranya saja yang kurang tepat. Kalau dilihat dari faktor-faktor yang memengaruhi seseorang mengatur keuangan. Salah satunya kepribadian.

Tentunya, kepribadian setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang bisa menahan diri dari godaan untuk belanjakan uang, ada pula yang tidak. Ada yang rajin menabung, ada juga yang malas.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Untuk itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kepribadian diri sendiri, baru belajar mengatur keuangan berdasarkan kepribadian. Berikut cara hemat sesuai kepribadian seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 6 November 2018:

1. The player

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

The player di sini bukanlah seorang pemain dalam suatu istilah permainan. Akan tetapi, orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini adalah mereka yang suka main-main dalam hidup.

Mereka cenderung memilih untuk selalu menikmati hidup dengan cara menuruti segala keinginan mereka tanpa berpikir jangka panjang. Contohnya, mereka ingin beli ponsel seri terbaru, padahal ponselnya masih dalam keadaan baik dan baru dibeli beberapa bulan yang lalu.

Mereka memilih makan di tempat-tempat mahal hanya senang memanjakan lidah atau karena gengsi dan merasa mampu untuk membayar di sana. Pola konsumtif seperti inilah yang harus dihindari.

Orang dengan tipe kepribadian the player, biasanya cuek atau tidak begitu memedulikan masa depan. Mereka enggan berinvestasi atau menabung demi memenuhi kebutuhan hidupnya di masa depan.

2. The protector

Bertolak belakang dengan tipe player, dalam alih bahasanya di dalam bahasa Indonesia, the protector dapat diartikan sebagai pelindung. Namanya juga pelindung, pasti selalu hati-hati di dalam setiap gerak langkahnya.

Untuk itu, mereka yang memiliki tipe kepribadian ini sangat amat hati-hati dalam mengatur pengeluaran mereka. Tipe protector biasanya senang membayangkan masa depan.

Ia memikirkan bagaimana hidup di masa depan dengan segala kebutuhan yang terpenuhi. Misalnya, bagaimana ia bisa membeli rumah, mobil, menikah, biaya sekolah anak, dan lain sebagainya.

Mereka akan memikirkan bagaimana dirinya dan keluarga aman di masa depan. Persiapan mereka yang memiliki tipe kepribadian protector sangatlah matang.

Dia bisa menjaga setiap sen uang yang dimiliki agar tidak jatuh kepada keperluan yang tidak penting. Singkat kata, mereka senang berhemat demi masa depan yang cemerlang.

3. The pleaser

Apa itu the pleaser? Tak jauh berbeda dengan tipe player, mereka yang tipe pleaser ini adalah kepribadian yang hobi mencari kesenangan semata. Mereka rela menghabiskan uang yang mereka punya untuk kesenangan mereka.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk diri mereka sendiri, tapi berlaku juga untuk orang lain yang mereka ingin berbagi dengannya. Misalnya, untuk menarik perhatian di suatu kelompok, the pleaser rela mentraktir kelompok tersebut tanpa memikirkan kantongnya sendiri.

Mereka juga rela membelanjakan orang lain demi kesenangan semata. Begitu pula dengan dirinya sendiri, apapun yang membuat mereka senang, mereka akan bayar tanpa memikirkan anggaran yang dimiliki.

Singkat kata, the pleaser adalah orang-orang yang memiliki sifat royal namun tidak memikirkan masa depan. Jika Anda merasa memiliki karakter seperti ini, cobalah untuk mengatur keuangan dengan menabung dan membatasi pengeluaran dengan ketat dan disiplin serta komitmen.

4. The planner

Mirip dengan the protector, mereka dengan kepribadian ini memikirkan masa depan. Bahkan bukan hanya masa depan yang dipikirkan, pengeluaran untuk hari esok pun mereka targetkan. Itulah mengapa orang dengan kepribadian the planner sangat terencana dalam kehidupannya.

Misalnya saat menerima gaji, mereka langsung merencanakan dan menganggarkan uang untuk pos-pos kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya untuk bulan ini, transportasi hanya boleh keluar Rp1 juta, uang makan Rp1,5 juta, cicilan Rp1 juta, dan lain sebagainya.

Menurut pakar keuangan, bedanya tipe the planner dengan the protect adalah cara mereka berinvestasi. Karena sangat memikirkan segala sesuatunya agar terencana dengan baik, the planner cenderung enggan untuk berinvestasi untuk risiko yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya