Tingkatkan Ekspor, Kadin Minta Pemerintah 'Galak' soal Koordinasi

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kamar Dagang dan lndustri Indonesia atau Kadin, Handito Hadi Joewono mengatakan, salah satu upaya untuk mendorong peningkatan nilai ekspor adalah melakukan ekspansi atau memasuki pasar baru ekspor.

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Namun, untuk melakukan ekspansi ke pasar baru ekspor tersebut, pelaku ekspor baik dari kalangan perusahaan besar maupun UKM, harus didukung dan didorong penuh oleh pemerintah.

"Untuk industri atau perusahaan besar, akan sangat bermanfaat diberikan insentif pajak termasuk tax holiday. Sementara untuk perusahaan kecil dan UKM butuh dorongan memulai ekspor dan mengefektifkan fasilitas pembayaran ekspor," kata Handito dalam sebuah diskusi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 7 November 2018.

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

Handito menyayangkan sejumlah kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor, hingga saat ini belum terintegrasi dengan baik. Hal itu menurutnya dapat dilihat dari belum terwujudnya kesatuan pandangan antarsektor.

“Kemenko Perekonomian perlu lebih 'galak' mengkoordinasikan pihak-pihak terkait ekspor,“ kata Handito.

RI Dorong ASEAN 'Tinggalkan' Dolar AS, Ini Keuntungannya

Selain itu, berbagai cara juga perlu dilakukan pemerintah, agar pasar ekspor bisa tumbuh. Salah satunya adalah dengan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Upaya menggairahkan dunia usaha berarti mendorong pertambahan omzet penjualan dengan peningkatan daya beli masyarakat untuk produk yang dijual di dalam negeri,” ujarnya. (mus)

Ilustrasi ekspor impor.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Bank Indonesia (BI) menilai surplusnya neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2024 akan menopang ketahanan eksternal perekonomian RI ke depan.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024