Pindad Ungkap Alasan Kerja Sama dengan Turki Bikin Tank Harimau

Ilustrasi tank buatan PT Pindad
Sumber :
  • VIVA/Mega Dwi

VIVA – PT Pindad meluncurkan primadona baru yaitu Tank Harimau Close Combat 105 MM New Generation. Kehadiran tank ini berkat kerja sama dengan Turki.

Terungkap! Ini Alasan Anggota KKB Papua Bisa Pakai Senjata Api Buatan Pindad

General Manager Special Vehicle Pindad, Agus Edy Suprihanto, menjelaskan alasan kenapa Indonesia memilih bekerja sama dengan Turki. Selain sebagai sahabat, keterbukaan Turki dalam proses kerja sama yang dilakukan menjadikan Indonesia yakin akan kerja sama tersebut.

"Tentu dari sisi bagaimana mengembangkan teknologi membutuhkan keterbukaan, ini menjadi modal utama membangun kepercayaan. Kami mulai kerja sama kurang lebih selama tiga tahun. Mulai dari prototype dan yang paling penting soal keterbukaan teknologi," kata Agus di JI-Expo Kemayoran, Jumat 9 November 2018.

5 Senjata Mematikan Buatan Indonesia yang Dibeli Militer Asing

Dia mengungkapkan, adanya produk ini merupakan kebanggaan bagi kedua negara. Untuk itu diharapkan kerja sama tersebut dapat berkelanjutan. 

"Inilah kesepakatan awal bahwa kami harus mampu memproduksi produk baru. Dua negara sepakat untuk bisa melakukannya, dan ini hasilnya. Menjadikan kebanggaan bagi kedua negara, karena keterbukaan menghasilkan produk ini," tutur Agus. 

Konflik Ukraina dan Rusia yang Tidak Kunjung Berakhir Menjadi Alarm bagi Seluruh Dunia

Hal lain, menurut Agus, Tank Harimau ini sesuai dengan kebutuhan kedua negara. Tentunya juga berkaitan dengan pasar Indonesia dan Turki.

"Kami memiliki area pasar, kaitannya dengan pasarnya Turki dan Indonesia. Artinya kami bisa men-support wilayah Asia Pasifik, Turki bisa mengejar Eropa," ungkapnya.

Menteri BUMN Erick Thohir angkat AM Putranto jadi Komisaris Independen PT Pindad gantikan Sakkan Tampubolon.

Erick Thohir Angkat Asisten Prabowo Jadi Komisaris Pindad

Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk merombak susunan komisaris PT Pindad.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024