Logo BBC

Game Indonesia Buto Ijo dan Timun Mas Dijual di 26 Negara

Game board Buto Ijo dan Timun Mas akan dijual di 26 negara dalam bahasa Inggris. - Asosiasi Pegiat Industri Game Indonesia
Game board Buto Ijo dan Timun Mas akan dijual di 26 negara dalam bahasa Inggris. - Asosiasi Pegiat Industri Game Indonesia
Sumber :
  • bbc

Cerita rakyat Indonesia Buto Ijo dan Timun Mas akan dijual di 26 negara dalam bentuk permainan papan setelah dibeli lisensinya oleh perusahaan internasional.

Kisah Timun Mas yang melarikan diri dari kejaran raksasa ini menarik perhatian Blue Orange, perusahaan yang berkantor di Prancis, yang akan menerbitkannya dalam bahasa Inggris di banyak negara termasuk Eropa dan Amerika pada Oktober 2019, kata Andre Muslim Dubari, ketua Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia.

Andre mengatakan konten cerita rakyat dan budaya Indonesia termasuk kuliner menjadi perhatian banyak penggemar dalam pameran terbesar gim dunia di Essen, Jerman pada akhir Oktober lalu.

"Mereka senang Indonesia temanya gak harus medieval (zaman abad pertengahan), kastil, farming (pertanian), pirate (pembajak) lagi. Konten Indonesia yang segar ini dikawinkan dengan yang sudah bertaraf internasional dan konten yang eksotis," kata Andre.

Permainan papan ini dimainkan dengan satu orang yang menjadi sang raksasa, Buto Ijo, melawan empat pemain lain yang menjadi Timun Mas, tambahnya.

Buto Ijo dalam cerita rakyat Timun Mas adalah raksasa yang menagih janji pasangan suami istri untuk menyerahkan anaknya saat besar.

Pasangan suami istri ini tak punya anak sampai kemudian mendapatkan anak seperti yang dijanjikan raksasa saat mereka panen ketimun.