Badan Ekonomi Kreatif Mau Di-Upgrade Jadi Kementerian

Bekraf Festival 2018.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA – Presiden Joko Widodo, melontarkan wacana untuk membentuk kementerian baru, yang khusus menangani ekonomi kreatif. Itu sebabnya Badan Ekonomi Kreatif sedang dikaji apakah bisa di-upgrade menjadi kementerian.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Bekraf dibentuk di awal pemerintahan Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. Diketuai oleh Triawan Munaf, lanjut Presiden, munculnya Bekraf memang untuk memfasilitasi industri kreatif nasional.

"Kalau suatu saat diperlukan (menjadi) kementerian bisa saja. Bekraf diloncatkan jadi satu kementerian tersendiri," ujar Jokowi dalam pertemuan dengan para pelaku industri kreatif di Gedung Bandung Creative City Forum, di Jalan Braga, Sabtu 10 November 2018.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Namun, masih perlu perhitungan matang, apakah Bekraf sebagai badan ini bisa dinaikkan statusnya menjadi sebuah kementerian. Menurut Jokowi, bisa saja kalau memang dengan menjadi kementerian itu bisa memperkuat institusinya dan membantu dalam mempercepat usaha kreatif di Indonesia.

"Kalau memang memberi kekuatan institusi, kita lihat saja nanti. Kita hitung bersama-sama," kata Jokowi. (ren)
    

Hakim Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi: Paling Penting Tuduhan Politisasi Bansos Tak Terbukti
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas buka suara soal pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun soal status Presiden Jokowi dan Gibra

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024