Baru 1 Jam Pesta Belanja, Alibaba Sudah Raup Rp150 Triliun

Pesta Belanja Alibaba di China.
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA – Alibaba group holding limited (NYSE: Baba) dini hari tadi, Minggu, 11 November 2018 memulai 11.11 Global Shopping Festival 2018 di Tiongkok. Beberapa catatan sesaat setelah festival belanja terbesar di dunia ini pun terungkap. 

Festival Belanja Digelar di Tangerang, Pertama Kali Saat Pandemi

Pencapaian yang didapat Alibaba dalam waktu satu jam saja sangat menakjubkan. Tercatat, perusahaan ini berhasil mencetak Gross Merchandise Volume (GMV) sebanyak US$10 miliar atau sekitar Rp150 triliun hanya dalam waktu 1 jam 48 detik melalui transaksi Alipay.

Jumlahnya terus bertambah, Alibaba group pun menginformasikan hingga pukul 12.00, GMV-nya terus melonjak hingga US$21.51 miliar. Jumlah ini pun akan terus di-update hingga festival belanja tersebut berakhir pukul 24.00 di hari yang sama.  

TikTok Cari Target di Festival Belanja Harbolnas

Seperti diketahui, tiap tahun pada 11 November, Alibaba selalu mengadakan festival belanja ini. Diawali tahun 2009 dengan total penjualan US$7,8 juta.  

Festival ini pun telah berevolusi dari sekadar pesta belanja 24 jam menjadi pesta belanja global dan festival hiburan selama 24 hari. 

Promo Bunga 0 Persen Saat 11.11, Transaksi Akulaku Naik 20 Persen

Bisnis dari seluruh ekosistem Alibaba juga ikut mendukung secara penuh, termasuk untuk 11.11 Global Shopping Festival.  

Hal yang membedakan 11.11 dengan festival lainnya adalah cara Alibaba memanfaatkan strategi dan inovasi teknologi New Retail untuk meredefinisi pengalaman dalam perdagangan baik untuk penjual maupun pembeli dalam ekosistem Alibaba. 

Ilustrasi belanja online.

Double Day Tetap Menjadi Ajang Paling Digemari Konsumen Indonesia Saat Belanja Online

Ditengah isu resesi ekonomi global pada 2023, tren dan kebiasaan belanja online konsumen Indonesia mengalami peningkatan.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2022