Logo BBC

Big Mac Kini 50 Tahun, Apakah sedang Hadapi Krisis Setengah Baya?

Produk burger McDonald's Big Mac diluncurkan 50 tahun lalu -Getty Images
Produk burger McDonald's Big Mac diluncurkan 50 tahun lalu -Getty Images
Sumber :
  • bbc

Big Mac adalah lebih dari sekedar burger, terutama karena makanan ini telah terjual lebih dari satu miliar buah di seluruh dunia pada tahun 2017.

Roti lapis atau yang diperkenalkan di Amerika Serikat oleh McDonald`s 50 tahun lalu ini menjadi dasar indeks yang dipakai majalah Economist untuk mengukur tingkat nilai tukar.

Makanan ini juga mempunyai museumnya sendiri di North Huntingdon, kota di negara bagian Pennsylvania, AS dimana Big Mac diciptakan pewaralaba Michael Delligatti.

Tetapi apakah Big Mac sedang mengalami krisis usia setengah baya?


- BBC

Dalam dua puluh tahun terakhir, McDonald`s telah mengalami turun naik.

Perusahaan ini adalah sebuah raksasa bisnis rumah makan, dengan lebih 36.000 restoran di 118 negara - dengan sekitar 69 juta pelanggan setiap harinya.

Tetapi model bisnisnya sepertinya semakin tidak bergantung pada penjualan roti lapis.

Sebagai bagian dari strategi yang diterapkan pada tahun 2015, saat perusahaan tersebut merugi dan kehilangan pelanggan, McDonald`s mengurangi jumlah restoran miliknya dan menaikkan jumlah waralaba secara besar-besaran.

Tujuan yang dicapai adalah untuk hanya menguasai 5% restoran non-waralaba pada akhir tahun 2018.

Perusahaan menghemat biaya pemeliharaan restoran sementara mengumpulkan pembayaran dan royalti dari pewaralabanya - termasuk biaya sewa. McDonald`s memiliki sekitar 45% tanah dan 70% gedung dimana rumah makan berada, menurut pengamat industri.