Selain PNS, Ini Pekerjaan Pilihan Generasi Milenial

Ilustrasi generasi milenial.
Ilustrasi generasi milenial.
Sumber :
  • Entrepreneur

VIVA – Akhir September lalu, pemerintah membuka lowongan Pegawai Negeri Sipil atau PNS, untuk mengisi posisi di beberapa kementerian dan instansi.

Di akhir masa pendaftarannya, jumlah pelamar CPNS 2018 mencapai 4,2 juta orang untuk mengisi 238.015 posisi di pusat dan daerah. Meskipun ramai peminat, kuota yang disediakan pemerintah belum mampu menampung seluruh pendaftar.

Akibatnya, beberapa pendaftar terpaksa mengubur mimpinya menjadi PNS, karena gagal melampaui passing grade yang ditentukan oleh instansi terkait. Seperti yang telah ditetapkan pemerintah, rentang usia pendaftar CPNS 2018 adalah 18 - 35 tahun.

Menurut penelitian Pew Research Center, seperti dikutip dari Niagahoster, Rabu 14 November 2018, rentang usia ini, atau yang lahir di tahun 1981 - sekarang, tergolong generasi milenial dan post-milenial. Meskipun gagal di CPNS, sebetulnya ada banyak peluang pekerjaan lain yang dapat menjadi pilihan bagi milenial. Apa saja pilihannya?

Bekerja di perusahaan start-up

Generasi milenial yang akrab dengan penggunaan teknologi, tentu familiar dengan istilah start-up. Secara umum, perusahaan startup dipahami sebagai perusahaan rintisan yang memanfaatkan internet dan teknologi sebagai solusi bagi sebuah permasalahan masyarakat.

Perusahaan startup rata-rata dimulai dari sebuah keinginan dari pemilik startup, untuk menghadirkan solusi yang efektif dan efisien dengan aplikasi atau platform online.