Tiga Alasan Pariwisata Berpotensi Besar Jadi Sumber Ekonomi Baru RI

Wisatawan melihat panorama Danau Toba dari puncak
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia, yang lebih baik ke depannya. Bank Indonesia (BI) menyebutkan ?pariwisata menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. 

Kinerja Tiket.com Meningkat Seiring Pulihnya Industri Pariwisata

Pjs. Kepala Perwakilan BI Sumut, Hilman Tisnawan mengatakan, pihaknya memiliki peran untuk mendukung dan ikut serta mengejot potensi pariwisata di Indonesia, salah satu Danau Toba menjadi super prioritas dan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Pariwisata menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru setidaknya karena tiga hal, Pertama kita tidak bisa lagi menggantungkan pada ekspor komoditas, terutama yang memberikan nilai tambah yang rendah, di tengah perbaikan ekonomi global yang masih lambat," ucap Hilman Tisnawan, Sabtu 17 November 2018.?

Kebangkitan Pariwisata Nasional, Kolaborasi Otoritas Wisata Daerah dan UMKM

Kedua, Hilman mengungkapkan sektor pariwisata memiliki keterkaitan antar sektor yang kuat. Sehingga pengembangan sektor ini memberikan dampak yang besar dan cepat, termasuk dalam hal penyerapan tenaga kerja.

"Ketiga, tren masyarakat yang saat ini memilih berwisata dan berbelanja, karena didukung oleh penetrasi teknologi yang cepat serta masuknya era sharing economy di mana akses informasi dan transaksi begitu cepat dan mudah," ucap Hilman. 

Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023, Yogyakarta Optimalkan Peran Pelaku Pariwisata

Di sisi lain, Hilman mengatakan komposisi penduduk usia muda yang ?mendominasi struktur generasi Indonesia, serta pendapatan yang semakin meningkat juga berpeluang mendorong industri pariwisata untuk terus bertumbuh.

Hilman menilai pengembangan pariwisata penting, karena dapat meningkatkan sumber penerimaan negara dan mengurangi potensi devisa keluar. Secara sederhana, apabila devisa meningkat maka stabilitas nilai tukar dapat terjaga sehingga pada gilirannya memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi ke depan.

Ilustrasi Hotels

Strategi Baru Industri Perhotelan untuk Menarik Wisatawan Setelah Pandemi

Indonesia menyaksikan kebangkitan yang menggembirakan di sektor pariwisata, termasuk hiburan, properti, dan perhotelan.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023