Logo BBC

50 Juta Rumah di China Kosong

The number of new buyers is China dropped more than two-fold between 2013 and 2014 - Getty Images
The number of new buyers is China dropped more than two-fold between 2013 and 2014 - Getty Images
Sumber :
  • bbc

"Kota hantu" Cina, kota madya dengan perumahan kosong dalam jumlah besar, menjadi terkenal di dunia. Mereka bahkan menjadikan hal ini sebagai pasar khusus bisnis pariwisata.

Tetapi hal ini tidak menyenangkan bagi pemerintah, pasalnya lebih dari 20% persediaan perumahan perkotaan Cina saat ini tidak berpenghuni, menurut sebuah kajian independen.

Demikian disebutkan China Household Finance Survey yang dirangkum Gan Li, seorang profesor ekonomi dari Texas A&M University, yang menggunakan "pasukan" ribuan peneliti di seluruh negeri.

Kajian ini memperlihatkan sebagian besar properti kosong dimiliki pembeli yang sudah memiliki properti lain. Li dan timnya juga menemukan aksi spekulasi mencegah jutaan orang mempunyai properti pertamanya.


Sebagian besar kota termahal dunia, terkait dengan properti tempat tinggal, berada di Cina. - Getty Images

Cina memiliki tujuh dari sepuluh kota termahal dunia dalam hal properti rumah tinggal, terkait dengan rasio harga-pemasukan, demikian diungkapkan data Dana Moneter Internasional.

"Buktinya bisa diterjemahkan ke dalam keterbatasan keinginan dan kemampuan perseorangan dan keluarga untuk memasuki pasar perumahan," tulis Ga Li.