Jadi yang Pertama Tes Tol Trans Jawa, SBY-JKT Cepat Banget

Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Trans-Jawa ruas Ngawi-Kertosono di Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA – Tol Trans Jawa tinggal menunggu waktu sebelum diresmikan pada Desember 2018 mendatang. VIVA.co.id berkesempatan menjadi yang pertama untuk menyicipi jalur mulai dari Surabaya hingga Jakarta tersebut.

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Sebelum dibuka untuk masyarakat, Menteri BUMN Rini Sumarno, mengajak media untuk menjelajahi Tol Trans Jawa mulai dari Surabaya hingga ibukota yang berjarak 796 kilometer.

Meski masih ada beberapa titik yang dikebut pengerjaannya, sejauh ini Tol Trans Jawa sudah siap sekitar 95 persen.

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Tol Trans Jawa ini memang terbukti bisa memangkas waktu perjalanan. Contohnya dari Surabaya hingga Jembatan Kali Kenteng yang berjarak 274 km bisa dicapai hanya empat jam, lebih cepat tiga jam dibanding lewat jalan nasional.

Sementara perjalanan dari Surabaya ke Kalikuto sekitar lima jam 30 menit, jauh dari waktu normal yang biasanya mencapai 10 jam!

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Perjalanan hanya tersendat saat masuk ke ruas tol Jakarta-Cikampek, akibat berbagai proyek pembangunan yang tengah berlangsung di jalur tersebut membuat perjalanan molor jadi 14 jam.

Kalau tidak ada hambatan dan semua proyek sudah selesai (termasuk jalan tol layang Cikampek), sebenarnya perjalanan Surabaya menuju Jakarta ditargetkan bisa ditempuh dalam waktu sembilan hingga 10 jam saja.

Penasaran? Lihat liputan lengkap menyusuri Tol Trans Jawa bersama Menteri BUMN pada video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya