Logo ABC

Kisah Sukses Petani Asal Malaysia Tanam Durian di Australia

Perkebunan milik Han Shiong Siah memproduksi sekitar 30 ton buah durian tahun ini.
Perkebunan milik Han Shiong Siah memproduksi sekitar 30 ton buah durian tahun ini.
Sumber :
  • abc

Keluarga petani Han Shiong Shiah awalnya berasal dari Malaysia dan mereka sudah menanam durian sejak 30 tahun lalu di dekat Darwin (Northern Territory) dan tahun ini mencapai panenan terbesar sebanyak 40 ton.

Ini pencapaian yang luar biasa karena menanam durian di kawasan sub tropis seperti Australia bukanlah hal yang mudah.

Namun Hong Shiong Shiah tampaknya sudah berhasil menemukan kiat yang tepat bagaimana menanam dan menghasilkan durian dan sekarang

"Saya pikir kami telah menyempurnakan pertumbuhan durian di lingkungan non-tropis, hal yang sangat menantang untuk kawasan seperti Northern Territory." kata Han Shiong Siah.

"Kami sudah mencari tahu nutrisi apa yang dibutuhkan dan bagaimana memastikan pohon-pohon ini mampu bertahan di musim kering di kawasan NT.

"Cuaca yang lebih dingin membekukan pepohonan dan saya terkadang berpikir "mengapa juga saya mencoba menanam durian di sini?" tetapi ketika musim panen tiba, itu adalah sebuah hadiah yang luar biasa bagus. "

Han Shiong Siah mengatakan keluarganya akan memanen lebih banyak durian tahun ini dibandingkan tahun 2017 dan dia tidak mengalami masalah dalam menjualnya.