Lion Air Tunda Kedatangan Boeing 737 Max 8 yang Telah Dipesan

Boeing 737 Max 8
Sumber :
  • Dokumentasi Lion Air.

VIVA – Lion Air Group akan menunda kedatangan pesawat Boeing 737 Max 8 yang telah dibelinya pada 2017 sebanyak 50 unit. 

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Direktur Service Airport Lion Air, Daniel Putut Kuncoro Adi, menjelaskan, langkah ini diambil perusahaan sambil menunggu hasil investigasi dari pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT.

"Kalau hasil investigasi KNKT menyatakan hal yang terlalu signifikan, kami pun akan berangkat nanti ke Boeing. Kami akan diskusikan dengan manajemen Boeing. Kita review lagi. Karena hasil rekomendasi KNKT sangat penting sekali," ujar Daniel saat ditemui di Komisi V DPR RI, Senayan, Kamis 22 November 2018.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Tak hanya itu, pihak Lion diakui Daniel juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, guna mengambil langkah-langkah saat review pesawat Boeing Max 8 yang akan mereka lakukan nanti.

Saat ditanya apakah Lion Air tak khawatir akan menurunnya kepercayaan masyarakat kepada mereka akibat penggunaan kembali pesawat-pesawat jenis Boeing tersebut, Daniel pun berharap hal itu tidak akan terjadi.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

"Kan Boeing sudah mengeluarkan beberapa buletin juga untuk perbaikan-perbaikan. Hasil kami di sana nanti akan kami sampaikan kepada masyarakat bahwa setelah kami evaluasi, sebetulnya tidak ada kekhawatiran untuk naik pesawat ini," kata Daniel.

Karena itu, Daniel pun memastikan bahwa pihaknya akan tetap melakukan pemesanan pesawat Boeing tersebut. Terutama setelah upaya review yang akan mereka lakukan kepada pihak Boeing nantinya.

"Setelah kami me-review, hasilnya apa? Apakah benar-benar kejadian ini tidak akan terulang kembali? Kami butuh jaminan dari pabrikan pesawat bahwa kejadian ini enggak akan terulang lagi," kata Daniel.

"Dengan jaminan ini, baru kami bisa men-deliver kepada masyarakat bahwa oke, setelah kami bertemu mereka, ternyata kok hasilnya kita teruskan, ini yang sama-sama diinformasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Saat ini maskapai Lion Air telah memiliki 112 tipe pesawat 737, dari berbagai jenis. Untuk tipe Max 8 yang saat ini sudah dimiliki, jumlahnya adalah 11 pesawat. 

Dengan hilang satu pesawat tersebut, maka saat ini tinggal 10 pesawat, dari rencana 218 pesawat yang telah dipesan oleh maskapai Lion Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya