Ada 7 Titik Tambang Emas Baru di Jatim, Satu Melebihi Tumpang Pitu

Seminar soal tambang emas di Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 22 November 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Perut bumi di Provinsi Jawa Timur rupanya kaya dengan kandungan mineral, termasuk mineral pembawa emas. Salah satu yang menonjol saat ini adalah kandungan emas dan perak di tujuh bukit atau Tumpang Pitu di Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi. Adakah potensi emas di daerah Jatim lain?

Garap Areal Kuburan, Sejumlah Alat Tambang Emas Ilegal Dibakar Massa

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral atau ESDM Jatim, Setiajit, menyebut setidaknya ada tujuh lokasi baru tambang emas terkandung di Jatim, yakni di Jember, Malang, Lumajang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan.

Di Jember, lokasinya terletak di Kecamatan Silo. Pemerintah sudah melakukan Penelitian dan kajian kandungan mineral di sana, tinggal dieksplorasi saja. Lelang proses dibuka.

Tewaskan 23 Orang di Venezuela, Tambang Emas yang Hancur Ternyata Tambang Illegal

"Potensi emasnya di Jember lebih besar dari Tumpang Pitu," kata Setiajit usai mengisi Seminar tentang Tambang Emas oleh PT Bumi Suksesindo di Surabaya, Jawa Timur, Kamis malam, 22 November 2018.

Adapun di Trenggalek, lanjut Setiajit, eksplorasi sudah dilakukan oleh perusahaan tambang pemenang lelang, yakni PT SMN. Diperkirakan, tahun 2019 mendatang SMN sudah memasuki tahap eksploitasi dan produksi.

20 Orang Tewas, Akibat Tambang Emas di Venezuela Selatan Runtuh

"Untuk titik-titik lainnya masih dikaji. Yang jelas semuanya mengandung emas," tandasnya.

Setiajit mengakui, muncul protes dan penolakan dari warga Jember terkait rencana aktivitas pertambangan emas di Silo. Dia menganggap warga yang menolak belum memahami betul manfaat dari pentingnya memproduksi mineral karenanya dia memaklumi.

"Nanti saya akan bicarakan dengan Ibu Bupati Jember," tandasnya.

Sementara itu, pakar geologi dari Universitas Brawijaya, Arief Rachmansyah, mengingat dulu pada tahun 1980-an ada pertanyaan besar kenapa tambang emas terbesar di Indonesia hanya ada di Freeport.

"Itu secara geologi karena tumbukan lempeng dari Pasifik dengan Asia," katanya.

Kemudian, ditelitilah tumbukan lempeng Australia-Asia. Dari hasil penelitian di lapangan itu ditemukan tambang emas di sejumlah daerah selain Pulau Jawa.

"Ditemukanlah jebakan-jebakan emas yang ada di Sulawesi Utara dan Selatan, Nusa Tenggara, termasuk di Banyuwangi dan Jawa Timur ini. Yang pertama kali ditambang di Bukit Hijau, Nusa Tenggara Barat. Di Banyuwangi yang kedua (ditambang) hasil dari temuan akhir 1980-an," tandas Arief.

Adapun kandungan emas dan mineral logam yang besar, sementara ini diketahui berada di perut bumi Tumpang Pitu, Banyuwangi.

"Kemudian di Trenggalek dan Malang Selatan. Malah kabarnya ini yang akan dieksplorasi besar-besaran, di Trenggalek katanya sudah mau masuk tahap produksi," ujar Arief.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya