Badan Usaha Komit Turunkan Harga BBM Nonsubsidi Paling Lambat Januari

Petugas mengisi kendaraan konsumen dengan BBM jenis Pertalite di SPBU Cikini
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Merespons harga minyak dunia yang turun, pemerintah segera memanggil badan usaha untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM nonsubsidi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pemerintah telah mengumpulkan seluruh badan usaha penyalur BBM dalam negeri.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan, dari hasil pertemuan tersebut, badan usaha berkomitmen menurunkan harga BBM nonsubsidi dengan waktu paling lambat di Januari 2019.

Harga Minyak Naik, Pengamat: Momentum Gunakan BBM Kualitas Tinggi

"Soal harga minyak turun, saya sudah memanggil Pertamina, Shell, AKR, Total, Vivo, dan Garuda Mas, mereka komit untuk turunkan harga, ada yang minggu depan dan paling telat bulan januari," kata Djoko di acara Pertamina Energy Forum 2018 di Jakarta, Rabu 28 November 2018.

Meski begitu, ia tak menyebut secara rinci badan usaha mana yang akan menurunkan harga BBM nonsubsidi pada pekan depan. Terkait rincian harga BBM nonsubsidi yang baru itu, pihaknya baru bisa mengumumkan setelah ada surat penetapan dari masing-masing badan usaha.

Harga Minyak Meroket, Pengamat: Jangka Pendek Pertalite Jangan Naik

"Saya tinggal menunggu surat penetapan, setelah itu baru saya umumkan penurunannya," kata dia.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengakui, pihaknya berkomitmen menurunkan harga. Hanya memang, waktu penurunan harga BBM nonsubsidi itu masih dikaji kapan waktu yang tepat.

"Kan, tidak bisa serta merta, kira-kira segitulah (Januari 2019)," ujar pria yang biasa disapa Adim tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya