Jokowi Yakin Tol Sragen-Ngawi Bikin Jateng Kebanjiran Turis

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) seusai meresmikan Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi di Rest Area KM 538, Sragen, Jawa Tengah, Rabu, 28 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo yakin beroperasinya segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer yang merupakan bagian dari jaringan tol Trans Jawa, membuat kota-kota di Jawa Tengah, seperti Solo dan Semarang, menjadi lebih banyak kedatangan wisatawan.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Adanya tol membuat jarak tempuh Semarang yang merupakan salah satu akses utama Jawa Tengah, ke Solo kini menjadi jauh lebih singkat.

"Ada peluang wisatawan mancanegara yang turun di Semarang, misalnya. Bisa juga masuk ke Solo," ujar Jokowi usai peresmian di rest area kilometer 538 tol Solo-Ngawi, dikutip dari keterangan Biro Pers Istana pada Rabu, 28 November 2018.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Menurut Jokowi, segmen Sragen-Ngawi telah membuat waktu tempuh Semarang-Solo yang sebelumnya adalah 3,5 jam, saat ini menjadi hanya satu jam.

"Wisatawan Nusantara juga, yang dari Semarang ingin ke Solo, akan semakin banyak karena cepat waktu tempuhnya," ujar Jokowi.

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

Mantan Wali Kota Solo ini berpesan supaya pemerintah-pemerintah daerah di Jawa Tengah merespons keberadaan segmen Sragen-Ngawi, serta segmen-segmen tol lainnya. Dengan membangun, juga memperbaiki jalan-jalan penghubung.

"Ini yang harus mulai dibenahi. Jalan-jalan yang masuk ke kabupaten, ke kawasan-kawasan wisata. Tugasnya (pemerintah) daerah itu," ujar Jokowi. (ren)

Truk jalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT Jasa Marga Semarang-Batang membenarkan insiden truk yang berjalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta pada Kamis pagi, sekira pukul 08.00 Wib

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024