Genjot Produktivitas Peternak, Kibif Gandeng BNI Syariah

Peternakan Sapi Terpadu
Sumber :
  • Arie Dwi Budiawati

VIVA – PT Estika Tata Tiara (KIBIF) menjalin kemitraan strategis dengan BNI Syariah untuk meningkatkan kesejahteraan peternak di Jawa Barat. Para peternak dapat memperoleh pembiayaan secara syariah untuk mengembangkan usahanya. 

Rugikan BNI Syariah Rp74 M, Bos Koperasi di Jawa Timur Ditahan

Nantinya KIBIF akan memfasilitasi  peternak untuk memperoleh akses permodalan dari Bank BNI Syariah Cabang Bandung. Permodalan itu guna mendukung sistem pemeliharaan dan manajemen peternakan sapi potong secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Direktur KIBIF Maulana Malik Joesoef menjabarkan, sebagai langkah awal, program ini akan melibatkan sekitar sembilan peternak. Selain permodalan, pendampingan, penyuluhan, dan pengawasan pada setiap ternak dan peternak secara berkelanjutan akan diberikan.  

Rencana Sudah Disepakati, Begini Bentuk Merger Bank Syariah BUMN

"Kami juga menerapkan sistem pelaporan yang jelas dan transparan agar dapat  meningkatkan kemandirian peternak  serta  populasi sapi potong,” ujar Maulana dikutip dari keterangan resminya, Kamis 29 November 2018.

Maulana mengatakan, KIBIF juga akan  menyediakan bakalan sapi, pakan, obat-obatan, dan sewa kandang beserta peralatan beternak sapi yang dibutuhkan  peternak.  

Tiga Bank Syariah BUMN Sepakat Merger

“Kami optimistis program kemitraan  yang dilakukan KIBIF dengan peternak lokal dan perbankan berbasis syariah, dapat meningkatkan kemampuan peternak, yang semula pola beternak sapi hanya berskala kecil menjadi peternak  berskala  besar. Kami juga membuka akses pasar,” jelas Maulana.  

Lebih lanjut dia berharap, dengan kemitraan ini bisnis model terintegrasi dari hulu ke hilir dapat terwujud. Sehingga nantinya dapat menjadi contoh untuk wilayah lainnya. 

“Kami yakin pola kemitraan yang dikembangkan KIBIF dapat diterapkan di daerah lain, khususnya dalam menciptakan peternak berskala industri,” katanya.  

“Saat ini, program kemitraan ini dimulai di  wilayah Jawa Barat. Ke depannya, kami akan memperluas cakupan ke daerah lainnya,” katanya

Kemitraan itu tertuang dalam akad kerja sama  KIBIF, peternak, dan Bank BNI Syariah tentang Kemitraan Sapi Potong yang ditandatangani di Subang, pada hari ini. Penandatanganan dilakukan Direktur KIBIF Maulana Malik Joesoef dan pimpinan PT Bank BNI Syariah  Cabang  Bandung Yulianto Adi Widodo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya