Produksi Minyak Pertamina EP Asset 4 Tembus 121 Persen

Pekerja PT Pertamina EP di lapangan Sukowati, Tuban, Jawa Timur.
Sumber :
  • Dok. Pertamina EP

VIVA – Kinerja PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) di sektor hulu yang juga berada di bawah naungan SKKMigas terus menunjukkan kinerja positif. Kali ini melalui Pertamina EP Asset 4 pada Rabu 28 November 2018 berhasil mencapai 17.235 BOPD atau sekitar 121.65 persen di atas target produksi Asset 4 tahun 2018 sebesar 14.032 BOPD.

Produksi Gas Diproyeksi Turun Beberapa Tahun Mendatang, Pemerintah Dorong Eksplorasi

Production dan Operation Director PT Pertamina EP, Chalid Said Salim, mengatkan bahwa kinerja asset 4 meningkat cukup signifikan dengan kontribusi positif dari masing-masing lapangan seperti Cepu Field, Poleng Field, Papua Field, Donggi Matindok Field dan terutama Sukowati Field.

"Alhamdulillah asset 4 produksinya diatas target 2018. Dan kontributor terbesar peningkatan produksi di Asset 4 dari Sukowati Field dengan adanya servis di beberapa Sumur terutama untuk perbaikan bonding cement,” ujar Chalid dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu 2 Desember 2018.

Investasi Rp 3,7 Triliun, PHR Siap Kembangkan Ladang Minyak Rantaubais Pakai Injeksi Uap

Pertamina EP Asset 4 General Manager, Agus Amperianto  menambahkan bahwa per Kamis 29 November 2018 produksi Sukowati mencapai 9.697 bopd. "Alhamdulillah produksi minyak Sukowati Field sudah melampaui target produksi 2018 sejumlah 8.000 BOPD,” jelas Agus.

Sementara untuk produksi Gas di Asset 4 juga menunjukkan kinerja yang cemerlang, sebesar 184.17 MMSCFD atau 113 persen dari target year to date (ytd) sebesar 157.59 MMSCFD. 

26 Persen Minyak Nasional dari Blok Rokan, Simak Target Produksi PHR Tahun Depan

Adapun produksi gas PT Pertamina EP Asset 4 terbesar ditunjang oleh keberadaan tiga Pusat Pengolahan Gas / Central Processing Plant (CPP) yaitu CPP Gundih di Cepu Field dengan produksi mencapai sekitar 67.55 MMSCFD dan ditambah lagi dengan CPP Donggi dan CPP Matindok di Sulawesi dengan total produksi mencapai 99.06 MMSCFD.

“Alhamdulillah selain minyak, produksi gas kami bisa berjalan di atas target yang ditetapkan oleh perusahaan. Guna menjaga pasokan gas kami tetap melakukan upaya mempertahankan produksi dengan kegiatan pemboran Sumur NKT di Cepu Field dan Sumur Eksplorasi Wolai 001 di Kabupaten Luwuk," kata Agus.

Sementara itu, guna mewujudkan harapan atas kinerja PT Pertamina EP, selain dari sisi teknis dan produksi, Chalid Said Salim disela kunjungannya ke Lapangan Sukowati, menyempatkan diri untuk berbagi ke anak Yatim sekitar wilayah Operasi.

Chalid menyatakan bahwa dengan bertemu dan berbagi dengan masyarakat sekitar, membawa sebuah kebahagiaan dapat memberikan manfaat kepada anak-anak yatim di wilayah sekitar operasi. 

"Kami berharap Pertamina EP dapat bersinergi dengan para pemangku kepentingan, karena dukungan dari masyarakat lokal, manajemen, dan strategi yang baik, serta doa dari anak-anak yatim dan warga sekitar sangat penting bagi kegiatan di PT Pertamina EP khususnya Sukowati Field,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya