Empat Ruas Tol Saat Natal dan Tahun Baru Digratiskan

Sejumlah mobil melaju di Tol Bawen-Salatiga
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Badan Pengelola Jalan Tol atau BPJT bakal menggratiskan empat ruas jalan tol, saat Hari Raya Natal pada 25 Desember 2018 dan perayaan tahun baru. Empat ruas tol itu adalah ruas tol yang saat ini belum bertarif dan belum beroperasi

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna menyebutkan empat ruas tol yang akan digratiskan itu adalah Pemalang-Batang, Semarang-Batang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono.

"Ini kan belum tarif, ini nanti yang sisanya yang sekarang empat ruas ya yang digratiskan," kata dia, saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin 3 Desember 2018.

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

Lebih lanjut, Herry mengatakan, empat ruas tol itu nantinya akan mulai dikenakan biaya pada awal 2019. Hal itu, demi memudahkan masyarakat yang ingin berlibur akhir tahun sebagaimana saat perayaan Hari Raya Idul Fitri pada Juni 2018.

"Setelah tahun baru, sekarang ini kan belum diresmikan juga. Kita harapkan sudah operasi (saat itu), tetapi tarifnya belum dikenakan," ungkap Herry.

Libur Natal dan Tahun Baru, Mobil Ini Dilarang Lewat Jalan Tol

Sebagai informasi, progres pembangunan tol Pemalang-Batang pada Oktober 2018 lalu sudah mencapai 90 persen. Proyek tol sepanjang 39,2 kilometer itu masih menyisakan pengerjaan sepanjang 17,8 kilometer.

Sementara itu, ruas tol Semarang-Batang, serta Salatiga-Solo dan Wilangan-Kertosono ditargetkan akan beroperasi pada akhir Desember 2018, setelah dilakukan uji kelayakan operasi pada tanggal 1 hingga 20 Desember 2018. (asp)

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021