Dirut Jasa Marga Resmi Jadi Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia

Menteri PUPR mengukuhkan pengurus baru Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI)
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengukuhkan pengurus baru Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) periode 2018-2023. Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Desi Arryani resmi menjadi ketua umum asosiasi yang menaungi pengusaha jalan tol tersebut.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Dalam sambutannya, Basuki memaparkan bahwa asosiasi ini akan menjadi mitra strategis bagi pemerintah dalam mengambil keputusan. Seluruh kebijakan yang berkaitan dengan jalan tol, menurut Basuki akan didiskusikan bersama asosiasi ini.

"Karena ini berkaitan dengan public policy, pelayanan masyarakat. Saya pasti tidak bisa ambil keputusan sendiri," kata Basuki di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 5 Desember 2018.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Basuki melanjutkan, revitalisasi jalan tol memang penting, namun menurutnya asosiasi ini juga perlu direvitalisasi. Agar, asoasiasi ini mampu dengan baik bekerja sama dengan pemerintah.

"Asosiasinya sudah harus direvitalisasi, sudah 20 tahun tidur sekarang harus digugah dibangunkan untuk pelayanan masyarakat," katanya.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Arahan Presiden Joko Widodo terkait percepatan infrastruktur, lanjut Basuki, sangat banyak menyangkut dengan jalan tol, yang tentu tidak seluruhnya bisa dibangun oleh BUMN. Pihak swasta pun diminta Basuki untuk bisa terlibat lebih besar dalam pembangunan jalan tol.

"Kalau pak presiden mau meresmikan (tol) BUMN itu, kurang bergairah sebetulnya. Jadi meningkatkan private sektor untuk investasi pembangunan jalan tol, ini yang harus didorong terus. Itu pertama yang ingin saya Dorong untuk mengikutsertakan private sektor yang saat ini masih bisa dihitung dengan jari," katanya.

Berikut susunan pengurus ATI 2018-2023 :

Ketua Umum : Desi Arryani
Sekretaris Jenderal : Kris Ade Sudiyono
Bendahara : M. Ramdani Basri

- Anggota Pengurus Bidang Kebijakan Investasi : Herwidiakto
- Anggota Pengurus Bidang Kebijakan Pembangunan : Bambang Pramusinto
- Anggota Pengurus Bidang Kebijakan  Pengembangan Transaksi Tol : Subakti Syukur
- Anggota Pengurus Bidang Kebijakan Pengembangan Lalu Lintas : Suarmin Tioniwar
- Anggota Pengurus Bidang Kebijakan Pemeliharaan : Trihadi Karnanto
- Anggota Pengurus Bidang Kebijakan Komunikasi Publik : Banu Setianto. (sah)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya