Perusahaan AS Akan Bangun Pelabuhan Kapal Pesiar di Tidore

Ilustrasi kapal pesiar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan

VIVA – Pemerintah Tidore Kepulauanan Provinsi Maluku Utara, bersama perusahaan Amerika Serikat, Merribean, sepakat melakukan konsorsium dan Momerandum of Understanding atau MoU pembangunan pelabuhan khusus kapal pesiar di Kota Tidore Kepulauan.

Plesiran Pakai Kapal Pesiar Kian Diminati, Azamara Cruise Singgah di Bali

Hal itu, disampaikan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, dalam penandatanganan kerja sama dengan Merribean, perusahan yang bergerak pada konstruksi pelabuhan kapal pesiar asal AS di Tidore, Rabu 5 Desember 2018.

Pemerintah Tidore berharap, proyek internasional ini akan menjadi sarana penunjang pengembangan potensi wisata khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Sebab, sejauh ini sarana pelabuhan yang tersedia bagi kapal pesiar yang masuk ke wilayah Timur Indonesia masih menggunakan pelabuhan konvesional.

INFOGRAFIK: Menguak Kapal Pesiar Terbesar di Dunia, 5X Dari Titanic

Rencananya, pembangunan dermaga akan dilakukan di kawasan perairan Rum, karena memiliki kedalaman laut yang dalam serta berada pada Selat Tidore dan Ternate.

"Kami sudah menyerahkan dokumen pembangunan pelabuhannya kepada para konsorsium Merribean," ujar Muhammad Senen.

Mau Rasakan Pengalaman Wisata Kapal Pesiar Kelas Dunia? Begini Caranya

Sementara itu, pihak Merribean, Santiago mengungkapkan, proyek pembangunan akan dilakukan oleh manajemennya dengan memprioritaskan tenaga kerja lokal.

"Kami harap, pemerintah Tidore segera mengembangkan potensi wisata dan menyediakan segala sarana penunjang lainnya," ujar Santiago. (asp)

Laporan: Ifan Beto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya