Bayar Rp200 Ribuan Per Bulan, Bisa Siapkan Warisan Buat Keluarga

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mempersiapkan warisan merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan sejak dini. Khususnya untuk melindungi dan memastikan masa depan keluarga, serta orang terkasih aman di masa depan. 

Sosok Ratu Judi Dunia yang Ternyata dari Israel, Miliki Harta Ratusan Triliun

Potensi di bidang itu pun, dikembangkan oleh perusahaan asuransi asal Korea Selatan, Hanwha Life Insurance Indonesia atau Hanwha Life. Perusahaan itu meluncurkan produk asuransi jiwa berjangka untuk perencanaan dana waris yaitu Hanwha Future Protection.
 
Chief Executive Officer Hanwha Life Insurance Indonesia, David Yeom mengungkapkan, asuransi ini memungkinkan masyarakat Indonesia mempersiapkan warisan lewat produk asuransi dengan premi yang terjangkau. Yakni, mulai dari Rp200 ribu per bulan untuk nasabah berusia 30 tahun. 

"Kami harap, hal ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan perencanaan dana waris, serta memilih asuransi sebagai salah satu instrumen waris yang memiliki beragam keunggulan," ujar David dikutip dari keterangan resminya, Kamis 6 Desember 2018. 
 
Data Badan Pusat Statistik 2017, rata-rata harapan hidup orang Indonesia mencapai usia 71 tahun. Sayangnya, kesadaran perencanaan dana waris masih sangat rendah di Indonesia. 

5 Negara dengan Populasi Buddha Terbesar di Asia, No 1 Bukan Thailand

Hanwha Life, lanjutnya, melihat baru dua dari 10 orang Indonesia yang sudah mempersiapkan warisan. Rendahnya kesadaran persiapan warisan merupakan polemik tersendiri, mengingat sengketa harta waris merupakan salah satu perkara perdata terbanyak di Indonesia.
 
Saat ini, harta waris yang umum dipersiapkan oleh masyarakat Indonesia masih berupa tanah atau properti, tabungan atau deposito, kendaraan bermotor, emas atau perhiasan, serta reksa dana atau saham. Padahal, walaupun belum umum di Indonesia, harta waris dapat dipersiapkan melalui asuransi. 

Asuransi memiliki keunggulan sebagai harta waris, mengingat Uang Pertanggungan (UP) dapat langsung diterima tanpa melalui prosedur hukum waris atau menunggu fatwa waris, selain juga berbagai manfaat lainnya.
 
Dia menjelaskan, produk ini menghadirkan proteksi jiwa sekaligus solusi perencanaan warisan dengan berbagai keunggulan. Seperti, premi tetap yakni, mulai dari Rp200 ribu per bulan dan bebas menentukan masa asuransi, mulai dari 10, 15 atau 20 tahun.

Ngeri, Wanita Ini Digentayangi Jurig Setelah Terima Warisan Rp7 Triliun

Nilai uang pertanggungannya pun akan naik 10 persen setiap tahunnya. Serta, ada manfaat pengembalian ekstra dana mulai dari 10 persen hingga 20 persen untuk masa asuransi 10 hingga 20 tahun.  

Adapun, Hanwha Future Protection memiliki usia masuk mulai dari 17 tahun hingga 65 tahun, dengan masa perlindungan hingga usia 75 tahun. Serta minimum uang pertanggungan mulai dari Rp100 juta.
 
Dia menargetkan, 7.500 polis baru dan Rp19 miliar premi tahunan ekuivalen (APE) selama lima tahun ke depan untuk produk Hanwha Future Protection. Pada kuartal III 2018, Hanwha Life Insurance Indonesia berhasil membukukan total aset sebesar Rp2,07 triliun, total investasi senilai Rp1,85 triliun, dengan hasil investasi mencapai lebih dari Rp79,47 miliar. (asp)

Isi Dalam Museum Bustanil Arifin Padang Panjang. Foto/Humas Pemko Padang Panjang

Menjelajahi Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

Dibangun dengan arsitektur Rumah Gadang yang ikonik, Museum Bustanil Arifin berdiri megah di tengah taman yang bersih dan asri.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024