Program Satu Juta Rumah Tahun 2018 Lampaui Target

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA/Aditya Pradana Putra

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, hingga November 2018 program Satu Juta Rumah telah mencapai angka 1.041.323 unit rumah.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Basuki mengatakan, capaian tersebut tidak terlepas dari kontribusi dan peran pemerintah, baik pusat maupun daerah, perbankan dan para pengembang perumahan.

"Selain peningkatan peran stakeholders, kita perlu terus mengupayakan inovasi dan terobosan, antara lain terbentuknya Land Banking System, mendorong inisiatif pembiayaan kreatif seperti kredit mikro, Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), kemitraan badan usaha dan partisipasi masyarakat serta mendorong pengembangan perumahan skala besar," ujar Basuki saat ditemui usai Kongres Federasi Real Estat Dunia (FIABCI) Global Business Meeting di Bali.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Pemerintah dalam upaya mewujudkan Program Satu Juta Rumah telah menjalankan beberapa strategi, yakni lewat program bantuan perumahan lewat pembangunan Rusunawa bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Rumah Khusus terutama pada kawasan terpencil, serta Rumah Swadaya. Pemerintah juga memberikan bantuan melalui sejumlah terobosan skema pembiayaan pembangunan perumahan, kemudahan regulasi, dan mendorong pengembangan dan penggunaan teknologi terbaru dalam pembangunan perumahan yang lebih efisien.

Basuki juga berharap Indonesia bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat internasional mengenai penyelenggaraan affordable housing atau rumah terjangkau yang melibatkan pihak swasta sebagai solusi penyediaan perumahan bagi MBR di dunia.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

Hal tersebut disampaikan Basuki usai pembukaan FIABCI Global Business Summit 2018 pada Kamis, 6 Desember 2018. Peran Indonesia dalam forum tersebut diharapkan bisa menjadi contoh negara-negara lain.

"Mereka mau mencontoh Indonesia, makanya mereka mau membuat buku salah satunya best practices di Indonesia ini," ujar Basuki.

Basuki berharap dapat mengembangkan industri properti nasional menuju panggung global. Selain itu, mendorong investasi internasional masuk ke Indonesia untuk mendapatkan modal baru, sehingga pertumbuhan sektor-sektor penting perekonomian seperti properti dapat lebih berkembang. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya