Revolusi Industri 4.0, Kadin Tekan Kolaborasi Pemerintah & Dunia Usaha

Presiden Joko Widodo dan Anindya N. Bakrie.
Sumber :
  • Instagram @anindyabakrie.

VIVA – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, pihaknya menyambut baik segala langkah pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas entrepreneurship di Indonesia, guna menghadapi revolusi industri 4.0.

Cyber University Siap Cetak Lulusan Berkualitas di Era Industri 4.0

Anindya menyebut, berbagai insentif pemerintah seperti pengurangan pajak dan kredit usaha rakyat (KUR), sejauh ini sudah sangat membantu para industri kecil di Tanah Air, untuk tumbuh dan berkembang

"Tetapi, yang lebih penting adalah bagaimana caranya untuk membuat perusahaan-perusahaan yang melakukan mentorship atau bimbingan itu, juga bisa mendapatkan suatu insentif," kata Anindya di acara 'KADIN And The World Economic Forum Workshop', kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin 10 Desember 2018.

RI Dorong Penerapan Industri 4.0 pada Industri Mamin dalam Pameran Hannover Messe 2023

Karenanya, Anindya menilai bahwa selain dukungan pemerintah dalam hal fiskal atau keuangan, penguatan aspek kolaborasi antarpara entrepreneur Tanah Air yang sudah maju untuk membantu para usaha kecil dan menengah, agar semakin berkembang, juga tak kalah penting.

Tujuannya tak lain adalah untuk menaikkan kelas para entrepreneur dalam negeri, agar bisa meningkatkan kapasitas bisnis mereka untuk menjadi lebih kompetitif dan berdaya saing dari sebelumnya.

Perusahan Indonesia Jangan Tunda Menerapkan IoT

"Jadi, bukan saja dari sisi fiskal atau keuangan. Tetapi, dari sisi kolaborasi antara teman-teman yang sudah jadi untuk membantu mereka supaya semuanya tuh naik kelas," kata Anindya.

"Jadi, yang secara nasional ke internasional, kelas daerah jadi nasional, dan para usaha kecil bisa jadi besar. Itu juga mesti ada suatu insentif kepada para mentorship atau pembimbing tersebut," ujarnya.

Ilustrasi digitalisasi.

Doku Masuk Pasar UMKM

Kepala Eksekutif Doku Chris Yeo mengaku ingin membantu perluasan pasar dan percepatan proses digitalisasi UMKM dengan meluncurkan inisiatif baru pembiayaan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2023