Didik SDM untuk Industri, Kepala Bappenas Contoh Jerman

Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam pembangunan sumber daya manusia untuk industri Indonesia bisa mencontoh Jerman.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Dikatakannya, Jerman telah terbukti menjadi negara yang memiliki banyak industri yang sangat unggul di banyak bidang.

"Kita bisa melangkah seperti Jerman, hampir semua industri yang dia buat selalu unggul," kata Bambang dalam seminar 'Meningkatkan Daya Saing Industri Nasional' di kantornya, Kamis 13 Desember 2018.

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Ia mengungkapkan, kelebihan yang dimiliki Jerman, dibanding negara lain adalah dari sisi tenaga kerja terampil. Sistem pendidikan vokasi di negara tersebut, sangat mendukung dan cenderung sederhana.

"Ketika sekolah SMK, misalnya mereka tidak hanya di kelas, bisa satu semester di kelas satu semester pabrik. Ada yang juga yang seminggu misalnya, dua hari kelas tiga hari di pabrik," kata mantan Menteri Keuangan itu.  

Kemnaker Tingkatkan Program Pemagangan, Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang Untungkan Kedua Negara

Untuk menjadikan tenaga kerja RI lebih terampil dan mampu bersaing, Bambang yakin, pendidikan lapangan atau praktik yang harus diperbanyak . "Kalau mau tenaga terampil jangan hanya di kelas," kata dia.

Ia pun mengimbau, para pelaku industri di Indonesia untuk bisa menyediakan tempat khusus untuk sistem pemagangan dan instruktur yang kompeten. Sebab, saat ini salah satu kendalanya adalah sulitnya tempat magang.

"Kalau tidak ada tempat magang susah juga. Kalau bapak ibu bisa mendukung pemerintah dalam program magang, maka ini jadi sumbangan yang besar agar Indonesia bisa menjadi negara dengan industri yang maju," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya