Jembatan Kalikuto 100 Persen Siap di Libur Natal dan Tahun Baru

Pimpinan Proyek PT Jasamarga Semarang-Batang, Beni Dwi Septiadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA – Pemerintah terus mengembut penyelesaian proyek Tol Trans Jawa, khususnya ruas Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer. Proyek tersebut, kini hampir selesai 100 persen dan lulus uji laik jalan.

Rampungkan Tol Kapal Betung, Anak Waskita Karya Dapat PMN Rp5 Triliun

Berdasarkan pengamatan VIVA, yang melakukan Jelajah Tol Trans Jawa bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jalur tersebut sudah dapat dilalui kendaraan dan hanya perlu melengkapi marka jalan. 

Bahkan, untuk jembatan Kalikuto yang selama ini menjadi perhatian dalam pembangunan ruas tol tersebut terlihat sangat kokoh. Dan, sangat siap untuk bisa dilalui pengendara yang ingin berlibur Natal dan Tahun Baru.

Kangen Liburan? Yuk Cuci Mata dengan Panorama Indah di Jalan Tol Ini

Pimpinan Proyek Tol Semarang-Batang, Beni Dwi Septiadi mengungkapkan, untuk ruas tol Batang-Semarang, secara keseluruhan sudah siap 100 persen dilalui pengendara dari Jakarta hingga Semarang.

Bahkan, lanjut dia, untuk jembatan Ikon tol Batang-Semarang yaitu Jembatan Kalikuto sudah 100 persen selesai dan telah dilakukan uji beban, serta hasilnya sangat memenuhi syarat.

3 Menteri Sidak, Konstruksi Tol Cisumdawu Capai 92,35 Persen

"Sertifikasi desain sudah dapat, laik beban sudah, dan menunggu proses dan sudah dilaksanakan dengan hasil yang sudah diperhitungkan. Jadi, secara keseluruhan akhir tahun ini sudah siap dipakai," tegasnya kepada VIVA.

Beni mengungkapkan, jembatan ikonik Kalikuto ini bukan sekedar jembatan biasa. Sebab, ini adalah jembatan pelengkung pertama dari baja yang dibuat langsung di lokasi ruas tol trans Jawa.

Jembatan ini pun, lanjut Beni, adalah jembatan yang dibuat secara spesifik secara tiga dimensi, di mana kekuatannya ada pada seluruh struktur baja yang melengkung tersebut.

"Jadi, yang melengkung ini bukan aksesoris saja, tetapi juga menerima beban sebagai konstruksinya atau strukturnya. Jadi, inilah keistimewaan dari jembatan ini," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya