Pemerintah Bantah BUMN Monopoli Proyek Rusun TOD di Stasiun

Pembangunan TOD di tiga stasiun di Tangerang mulai dilakukan.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Hunian dengan konsep Transit Oriented Development atau TOD terus dibangun oleh perusahaan properti pelat merah. Teranyar, Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional atau Perum Perumnas telah memulai proyek pembangunan rumah susun atau rusun di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, awal Desember 2018 lalu.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Selain itu, rusun TOD yang dibangun di tanah milik PT Kereta Api Indonesia itu juga telah mulai groundbreaking di Stasiun Jurangmangu dan Stasiun Cisauk. Di mana, perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN selain Perum Perumnas yang membangun di antaranya PT Hutama Karya dan PT Adhi Karya TBK.

Meski pengerjaan TOD itu dilakukan oleh perusahaan BUMN, Direktur Jenderal Penyedia Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, menegaskan, hal itu bukan menjadikan hunian konsep TOD dimonopoli oleh perusahaan BUMN.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

"Kami sedang mulai gerakkan TOD. Baru saja dilakukan groundbreaking rusun terintegrasi di Rawa Buntu. Kenapa TOD di monopoli BUMN, saya katakan tidak ada monopoli," katanya di Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.

Khalawi menjelaskan, pengerjaan TOD saat ini yang seluruhnya dikerjakan oleh BUMN, lantaran pihak swasta cenderung enggan untuk memulai program baru yang masih belum jelas imbal hasilnya. Karena itu, BUMN tersebut yang bisa digunakan pemerintah untuk memulai program itu.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

"Konsep TOD masih kita godok, termasuk rencana program KPBU ini. Jadi swasta masih lihat-lihat program swadaya dorong itu. Yang bisa diperintahkan BUMN, maka ada Perumnas dan karya-karya itu, supaya swasta tertarik. Kalau TOD itu dia harus punya lahan yang punya sarana transportasi massal," tegasnya.

"Baru mulai, jadi jangan satu dua dibilang monopoli, no. Jadi kewajiban negara mendorong. Kami duluan kalau kita nyuruh swasta negara belum turun gimana. Itu perasaan pengembang aja terlalu baper (monopoli BUMN). REI (Realestat Indonesia) dan Sinarmas malah langsung," tambahnya.
 

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022