Menhub Pastikan Bandara Baru Yogya Beroperasi April 2019

Menhub Budi Karya Sumardi di stasiun Tugu Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi? memastikan bandara baru New Yogyakarta Internasional Airport atau NYIA, akan beroperasi pada April 2019. NYIA nantinya, akan menjadi penghubung dan pendongkrak kunjungan wisatawan asing ke Candi Borobudur.

Menhub Budi Harap Bandara Singkawang Bakal Dukung Konektivitas di Kalbar

"Bulan April 2019, akan beroperasional. Ini yang omong Pak Faik (Dirut PT Angkasa Pura 1), bukan saya lho," kata Budi, usai meninjau pembangunan bandara NYIA di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat 14 Desember 2018.

Karena bandara NYIA adalah bandara internasional, maka pada bulan April sudah bisa melayani penerbangan untuk ibadah umrah.

Imigrasi Cegah Keberangkatan 613 Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural

"Untuk mempermudah akses ke bandara NYIA, maka jalur kereta api juga akan dibangun mulai dari Stasiun Waja yang nantinya hanya butuh waktu sekitar 10 menit ke bandara," ujarnya.

Budi juga menyatakan, PT KAI juga sudah menyiapkan dua rangkaian kereta api khusus bandara, dimulai dari Stasiun Maguwo menuju Waja dan bandara, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Jembatan Kembar Tergerus Banjir, Akses Menuju Bandara Internasional Minangkabau Ditutup 3 Hari

"Rangkaian kereta bandara sudah sudah ada dan tinggal membangun jalur kereta api ke bandara. Calon penumpang, juga bisa menggunakan kereta reguler yang berhenti di Waja," kata Budi.

Lebih jauh, Budi mengatakan, bandara NYIA pada awal operasi akan digunakan untuk penerbangan internasional dan penerbangan domestik yang lama perbangan di atas satu jam.

"Untuk penerbangan jarak dekat, akan difokuskan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan baru pada tahun 2020, penerbangan domestik menggunakan bandara NYIA," ucapnya.

"Kita manfaat secara maksimal bandara NYIA, untuk penerbangan internasional, karena runway panjangnya 8000 meter,” tambah Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya