Penyaluran Dana Insentif Biodiesel Turun Gara-gara Harga Turun

Biodiesel. Sumber foto: bpdp.or.id.
Sumber :

VIVA – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS mengungkapkan, penyaluran dana insentif untuk biodiesel pada 2018 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan turunnya harga biodiesel hingga di bawah harga solar.

Prabowo Bertekad Kembangkan Energi Baru Terbarukan, Energy Watch Bilang Begini

Direktur Penyaluran Dana BPDPKS, Edi Wibowo menyebutkan, rata-rata insentif biodiesel yang dibayarkan BPDPKS untuk biodiesel pada 2018 menurun rata-rata Rp2.074 per liter dibandingkan sebelumnya yang sebesar Rp4.075 rupiah per liter.

"Jadi empat bulan terakhir ini insentif kita turun, karena ada kenaikan harga bahan bakar minyak solar juga penurunan HIP (Harga Indeks Pasar) biodiesel. Jadi insentif harganya turun," katanya di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Jumat 14 Desember 2018.

Petrus: Biodiesel Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan HIP biodiesel untuk Desember 2018 sebesar Rp6.589 per liter ditambah ongkos angkut. Nilai tersebut turun dari bulan lalu yang mencapai Rp7.227 per liter ditambah ongkos angkut. 

Sementara itu, pembayaran insentif biodiesel kepada produsen diberikan demi menutup selisih harga biodiesel dan ongkos angkut jika di atas harga solar. Sedangkan, tren harga biodiesel di pasar menurun seiring merosotnya harga minyak sawit mentah.

Menko Airlangga Bantah Mendag Zulhas soal Program B35 Bikin MinyaKita Langka

"Penyaluran total insentif yang biodiesel Rp5,51 triliun dari alokasi anggaran Rp7 triliun, jadi kami sedikit ada cadangan yang bisa kami gunakan pada 2019," tegasnya.

Dari total nilai insentif yang disalurkan itu, dia mengatakan, secara volume penyaluran sebanyak 2,9 juta kiloliter. Jumlah itu ditargetkan terus meningkat hingga akhir Desember. 

"Target capaian biodiesel sampai Desember, kemungkinan sampai akhir Desember 2018 itu kami perkirakan Rp5,75 triliun," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya