Sumatera Bakal Tersambung Jalan Tol pada 2024 Sepanjang 2.700 Km

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Dani Randi/ VIVA.co.id

VIVA – Presiden Joko Widodo menargetkan pada 2024 jalan tol di Sumatera akan tersambung sepanjang 2.700 kilometer. Dengan syarat, upaya pemerintah pusat dan kontraktor dalam hal pembebasan lahan berjalan dengan baik.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Jokowi mengatakan, waktu pembangunan jalan tol di Lampung, banyak orang yang meragukan realisasinya. Tapi, dia tetap optimistis dan memastikan akhir Desember jalan tol di Lampung tersebut akan selesai.

“Ini kan memang harus dimulai dari Aceh, dan bersambung terus hingga ke Lampung. Hitung-hitungan kita tersambung pada 2024. Dengan catatan pembebasan lahan berjalan dengan baik,” tutur Jokowi saat groundbreaking jalan tol Banda Aceh–Sigli di Kecamatan Blang Bintang, Jumat 14 Desember 2018.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Dalam pembebasan lahan untuk jalan tol, Jokowi meminta agar pemerintah daerah harus siap membebaskan lahan untuk pembangunan tersebut. Jika tidak, bisa akan meleset dari target yang ditetapkan.

Target itu bukan sesuatu yang dulu dibayangkan oleh masyarakat bahwa Pulau Sumatera akan tersambung tol. Namun, kata Jokowi, sedikit demi sedikit jalan tersebut akan tersambung. Apalagi progres pembangunan tol di sejumlah daerah di Sumatera sudah berjalan, bahkan ada yang sudah hampir selesai.

Musra dan Pesan Perlawanan Presiden Jokowi

"Mungkin orang juga akan sangsi. Tapi saya meyakini dengan kerja keras dari Kementerian PUPR, BUMN dan instansi lainnya, saya minta semua memiliki dorongan yang sama untuk selesainya jalan tol ini," ungkap Jokowi. (art)

Pembangunan di IKN (FOTO/ANTARA)

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024