Jokowi Ingin Pemda Diberi 10 Persen Saham Blok Rokan

Presiden Jokowi
Sumber :
  • FOTO: Agus Suparto

VIVA – Presiden Joko Widodo mengatakan, jika selama ini kawasan pengelolaan minyak dan gas di Blok Rokan Provinsi Riau dikuasai Chevron maka kini 100 persen sudah diambil Pertamina. 

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

Disebutkan, selama 90 tahun lebih, pengelolaan blok migas terbesar di Indonesia ini, hampir tidak memberi efek ke daerah. Hal itu juga dikeluhkan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. 

Saat berbicara di hadapan Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Riau, Jokowi menegaskan bahwa ia sudah meminta Pertamina untuk memberi jatah saham kepada pemerintah daerah. 

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

"Paling tidak 10 persen. Itu sudah gede banget gede sekali. Itu blok paling gede di Indonesia, blok Rokan itu," kata Jokowi di Riau, Sabtu 15 Desember 2018.

Pelibatan daerah dalam mengelola sumber daya alam yang ada dianggap sangat penting. Bahkan menurut Jokowi, harus juga ada putra daerah yang duduk di elite perusahaan itu nantinya. 

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih

"Komisaris juga harus diberikan ke daerah. Iya dong masa enggak diberi," katanya. 
 

Presiden Jokowi bersama Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional Kesehatan Nasional Tahun 2024 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten pada Rabu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024