Logo BBC

KPR Milenial: Menabung Bertahun-tahun Demi Rumah

- ANTARA/Yulius Satria Wijaya
- ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sumber :
  • bbc

Pemerintah menyatakan akan membuat KPR milenial dengan uang muka kecil, bunga kecil dan tanpa batasan gaji. Tapi apa sebenarnya masalah yang dihadapi para pekerja muda saat ingin membeli rumah pertama?

Gelar Pradipta, seorang milenial berusia 28 tahun, telah menabung selama beberapa tahun terakhir untuk mewujudkan cita-cita punya rumah sendiri.

"Harus beli rumah, karena ada semacam tekanan sosial, kalau tidak punya rumah seperti belum mencapai sesuatu. Rumah adalah pencapaian yang lebih dari resepsi mahal," kata Gelar kepada BBC Indonesia.

Karyawan di sebuah startup alias perusahaan rintisan ini menjelaskan bahwa mahalnya uang muka menjadi hambatan utama kenapa hingga saat ini dia belum membeli rumah. "Kalau cicilannya saja, saya mampu. Tapi sekarang masih menabung untuk membayar uang muka," kata Gelar.

Meskipun bekerja di sebuah kantor di Jakarta Selatan, Gelar mengincar rumah di daerah BSD, Serpong, Jawa Barat. Bukan karena tak berminat tinggal di Jakarta: setelah sempat melihat-lihat beberapa rumah yang ditawarkan pengembang, harga rumah di Jakarta dinilainya sudah tidak masuk akal karena mahalnya kelewatan dan tak terjangkau orang biasa.

Gelar adalah satu dari banyak warga yang harus putar otak dan banting tulang untuk mendapat rumah -bahkan kalau pun letaknya nun jauh di mana.

Ketika BBC Indonesia bertanya di Instagram @bbcindonesia, lebih dari seribu follower menjawab ingin membeli rumah sendiri, namun, mahalnya uang muka, besarnya cicilan, durasi cicilan dan jauhnya perumahan yang terjangkau dari tempat kerja menjadi alasan yang paling banyak disebutkan oleh para pembaca BBC sebagai alasan kenapa mereka tak kunjung membeli rumah.