KPC dan Arutmin Raih Penghargaan Pembayar PNBP Terbesar 2017

Kegiatan penambangan Bumi Resources.
Sumber :
  • Dokumentasi Bumi Resources.

VIVA – PT Bumi Resources Tbk melalui anak usahanya PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Arutmin Indonesia meraih penghargaan dari Indonesian Mining Association (IMA) Awards 2018. KPC meraih dua penghargaan sebagai perusahaan tambang pembayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar 2017 dan perusahaan batu bara dengan pengelolaan lingkungan terbaik 2017.

Kaltim Prima Coal Raih Perpanjangan IUPK 10 Tahun

Sementara itu, Arutmin meraih penghargaan sebagai perusahaan batu bara yang berupaya menggunakan produk dalam negeri terbaik 2017.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot Ariyono, pada acara Malam Penganugerahan Penghargaan IMA Awards 2018 di Ballroom JS Luwansa Hotel Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018.

Bumi Resources Minerals Ubah Susunan Direksi, Berikut Namanya

Presiden Direktur Bumi Resources dan KPC, Saptari Hoedaja, menyambut dengan bahagia dan senang atas penghargaan yang diberikan pada ajang IMA Awards 2018 tersebut. “Penghargaan ini menjadi bukti bahwa BUMI dan unit usaha terus memiliki komitmen untuk terus mematuhi hukum dan peraturan di Indonesia," kata Saptari dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, Selasa 18 Desember 2018.

Bumi, dia melanjutkan, sebagai penyumbang terbesar ke kas negara dan tertinggi di Indonesia dalam hal royalti, serta juga devisa hasil ekspor. "Perseroan juga termasuk dalam 31 pembayar pajak terbesar di Indonesia. Perseroan berfokus dalam memanfaatkan penggunaan produk domestik," ujar Saptari. 

ESDM Resmi Perpanjang Kontrak Batu Bara Kaltim Prima Coal Jadi IUPK

Penganugerahan ini juga dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Ignasius Jonan serta pejabat dari Kementerian ESDM dan perwakilan dari perusahaan tambang anggota IMA.

Dalam sambutannya, Jonan mengatakan, Penerimaan Negara Bukan Pajak dari sektor mineral dan batu bara (minerba) pada tahun ini sudah melampaui target. Pada periode 31 Agustus 2018, realisasi PNBP sektor minerba mencapai Rp32,2 triliun atau 101 persen dari target di APBN 2018 yaitu sebesar Rp32,09 triliun. 

Grup Bumi, yakni KPC dan Arutmin tercatat sebagai pembayar PNBP terbesar di Indonesia untuk 2017 yang secara keseluruhan mencapai Rp9,1 triliun. Jumlah itu lebih dari 2-4 kali lebih besar dari perusahaan lain yang juga mendapatkan peringkat di ajang IMA Awards 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya