Masih Berdiri, Masjid Terdampak Tol Semarang Tak Ganggu Operasional

Masjid Baiturrohim yang Terdampak Tol Semarang-Batang
Sumber :

VIVA – Tol Trans Jawa ruas Batang-Semarang dipastikan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis besok, 20 Desember 2018. Meski akan langsung dibuka pada arus libur Natal dan Tahun Baru, namun masih ada pekerjaan tersisa yang belum sepenuhnya rampung.

345 Ribu Kendaraan Balik ke Jabotabek, Jasa Marga: Didominasi dari Arah Trans Jawa dan Bandung

Pekerjaan itu berupa masih adanya bangunan masjid Baiturrohim di Jalan Honggowongso, Kecamatan Ngaliyan, Semarang. Masjid terdampak tol itu, hingga kini masih berdiri kokoh dan digunakan untuk ibadah sehari-hari oleh warga.

Di depan masjid, juga masih ada bangunan bekas sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam yang belum dibongkar sempurna.

H-3 Tahun Baru, Jasa Marga Catat 186.000 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Terkait hal itu, Kepala Proyek Tol Semarang-Batang Seksi I-III, R. Beni Dwi Septiadi mengungkapkan, meski dua bangunan masjid dan bekas sekolah itu belum dibongkar, namun keberadaannya tidak mengganggu ruas jalan utama tol di wilayah kecamatan Ngaliyan itu.

"Masjid yang kalau dari Jakarta di kiri jalan itu, tidak menghalangi jalan (utama tol Semarang-Batang)," kata Beni, Selasa 18 Desember 2018.

Jasa Marga Catat 551 Ribu Kendaraan Balik ke Jabotabek pada Libur Natal 2023

Saat ini, untuk pekerjaan ruas utama tol tepat di samping masjid dan bekas sekolah itu telah selesai. Hari ini, ruas itu bahkan banyak dilewati sejumlah kendaraan. Beni memastikan, hasil uji layak fungsi tol Semarang-Batang, sudah dilakukan sejak awal Desember lalu sudah 100 persen.

Uji kelayakan tol sendiri dilakukan oleh sejumlah pihak seperti Korlantas Polri, Dinas Perhubungan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Hasilnya, tol bagian Trans Jawa itu  dinyatakan siap diresmikan pada 20 Desember mendatang.

"Sudah uji layak fungsi tanggal 5, 6, 7 Desember 2018. Saat ini, sudah siap, " katanya.

Peresmian tol bagian Trans Jawa ruas Jakarta-Surabaya oleh Presiden Jokowi akan dilakukan untuk tiga ruas sekaligus. Yakni, ruas Semarang-Batang, Pemalang-Batang, dan Salatiga-Kartasura.

Menurut informasi, peresmian dipusatkan di jembatan ikonik Kalikuto yang masuk wilayah tol Semarang-Batang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya