Menlu Arab Saudi Tegaskan Indonesia Mitra Strategis

Kunjungan delegasi Indonesia untuk pameran budaya Al Janadriyah.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Adel Al-Jubeir menegaskan kemitraan Arab Saudi dan Indonesia semakin penting ke depannya. Arab pun berjanji untuk terus melanjutkan investasi ke Indonesia pada masa datang.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Hubungan ekonomi Arab Saudi dan Indonesia digambarkan Al-Jubeir sebagai hubungan yang saling membutuhkan. Hal itu disampaikannya saat menerima delegasi Indonesia untuk pameran budaya Al Janadriyah yang dipimpin oleh Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, di Riyadh, Rabu, 19 Desember 2018.

“Jika Indonesia mengalami kesulitan, Arab Saudi juga mengalami kesulitan. Begitu juga sebaliknya, jika Arab Saudi sulit, Indonesia juga sulit,” kata Al-Jubeir dikutip dari keterangan resminya, Kamis, 20 Desember 2018.

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

Al-Jubeir menambahkan, sejumlah perusahaan Arab Saudi saat ini berencana melakukan investasi ke Indonesia, antara lain dalam bidang petrokimia, energi, perdagangan dan investasi. Komitmen investasi ini merupakan lanjutan dari investasi yang dilakukan para pengusaha Arab Saudi senilai US$85 miliar dolar, saat kunjungan Raja Salman Bin Saud ke Indonesia pada Maret 2017. 

Sementara itu, Sjafrie Sjamsoeddin menyatakan, jalinan kerja sama Indonesia-Arab Saudi ke depan tidak hanya ditekankan pada hubungan antarpemerintah, tapi juga dikembangkan pada kerja sama antarmasyarakat atau people to people.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

“Ikatan masyarakat Indonesia dan Arab Saudi sangatlah erat. Setiap muslim Indonesia sangat mendambakan dan mencintai Arab Saudi ,” kata Sjafrie.

Jutaan masyarakat Indonesia setiap tahun melakukan perjalanan ke Arab Saudi, untuk umrah dan haji. Oleh karena itu, Al-Jubeir, berjanji akan mendorong masyarakat Arab untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata ternama di Indonesia. 

Di samping kerja sama ekonomi, Arab Saudi juga berkomitmen untuk mengembangkan kerja sama pengembangan kebudayaan dan pendidikan yang telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya