Tujuh Perusahaan Bakrie Raih Penghargaan Menteri ESDM

Menteri ESDM berikan penghargaan pada perusahaan yang bantu benahi Sulteng.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) melalui anak usahanya PT Citra Palu Minerals atau CPM menerima penghargaan dari Menteri ESDM, Ignatius Jonan, Senin 17 Desember 2018. Penghargaan ini terkait aksi kemanusiaan saat masa tanggap darurat gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah. 

Hendi Prio Santoso Bawa MIND ID Fokus Menjadi Strategic Holding Industri Pertambangan

Bersama CPM, penghargaan juga diberikan kepada 119 perusahaan tambang yang tergabung dalam Emergency Respon Team (ERT) Kementerian ESDM dalam penanganan tanggap darurat bencana di Palu, Sigi dan Donggala. 

CPM merupakan satu dari tujuh perusahaan Kelompok Usaha Bakrie (KUB) yang turun dalam aksi kemanusiaan di Palu, Sigi dan Donggala. Bantuan dari KUB ini diberikan sejak hari pertama pasca-bencana dan berlangsung hingga tanggap darurat selesai. 

Hendi Prio Santoso Dukung Perbanyak Demo Kendaraan Listrik

Ketujuh perusahaan dalam KUB ini adalah PT Citra Palu Minerals (CPM), PT Gorontalo Minerals (GM), PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin, PT Dharma Henwa, PT Energi Mega Persada (EMP) dan Bakrie Amanah. Dari tujuh perusahaan ini, CPM menjadi satu-satunya yang beroperasi di Sulawesi Tengah.

CPM beroperasi melalui Kontrak Karya dengan Pemerintah RI pada 1997 dengan wilayah operasi lima blok, empat di Sulawesi Tengah dan satu di Sulawesi Selatan. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

“CPM telah mengantongi izin operasi produksi dari Pemerintah sejak November 2017,” jelas Superintendent CSR CPM, Rahyunita Handayani dalam keterangan tertulisnya, Rabu 26 Desember 2018. 

Sehari pasca-bencana yang menimpa Palu, Sigi dan Donggala, enam perusahaan ini bersama ERT Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan evakuasi korban gempa, tsunami dan likuifaksi di beberapa lokasi sekaligus. 

Selain itu, team juga melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Hingga aksi tanggap darurat selesai, ERT Kementerian ESDM telah melakukan evakuasi jenazah sebanyak 214 orang dan pelayanan kesehatan 4.000 pasien. Team ERT beranggotakan 372 personil dan 40 unit alat berat.

Personil dan alat berat merupakan kontribusi dari perusahaan tambang yang tergabung dalam ERT Kementerian ESDM, termasuk enam dari KUB. Selain bersama ERT Kementerian ESDM, enam perusahaan KUB ini juga membantu korban gempa dengan langsung terjun ke masyarakat dengan memberi bantuan berupa pemberian air bersih, sembako, terpal, portable toilet, bantuan renovasi rumah karyawan dan tenda serta pelayanan kesehatan.

“Pelayanan kesehatan kami lakukan melalui paramedis dan dokter yang memeriksa kesehatan masyarakat di Kelurahan Poboya,” jelas Rahyunita Handayani, CSR Superintendent PT CPM.

Aksi kemanusiaan yang dilakukan perusahaan tambang ini mendapat apresiasi dari Menteri ESDM. “Terima kasih atas bantuan semua stakeholder,” kata Jonan saat memberi sambutan dalam acara penyerahan penghargaan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya