Manuver Buwas Kerahkan Pramuka Lawan Mafia Pangan 

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso
Sumber :
  • VIVA / Eduward Ambarita

VIVA – Ketua Kwartir Nasional atau Kwarnas Gerakan Pramuka Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Budi Waseso akan memanfaatkan gerakan Pramuka yang kini ia pimpin untuk turut juga melawan mafia pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Hal itu terkait dengan jabatan Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) yang juga diemban oleh mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu.

"Ini peluang besar dengan saya ada di Pramuka, merangkap Dirut Bulog. Karena apa? Kita bisa membangun jejaring pendistribusian pangan sendiri, yang selama ini dikuasai kartel ya," ujar Buwas usai pelantikannya oleh Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Menurut Buwas, ia akan membangun RPK atau Rumah Pangan Pramuka hingga tingkat RT/RW. RPK lantas menjadi pusat pendistribusian pangan yang paling mudah dijangkau masyarakat.

"Jadi nanti pusat pangan itu ada di RT/RW, desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi," ujar Buwas.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Buwas yang juga pernah menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri ini meyakini keberadaan pusat pangan yang dikelola gerakan kepanduan akan mengalahkan upaya para mafia memonopoli pasar pangan. 

Selain itu, lanjut dia, hal tersebut juga merupakan upayanya dalam menyukseskan program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Untuk memotong mata rantai (monopoli pendistribusian pangan) ini salah satunya menggunakan kekuatan di grass root, di Pramuka ini. Saya yakin bisa berhasil," ujar Buwas.(lis)

Tol Trans Jawa baru saja diresmikan. VIVA.co.id dapat kesempatan langka disetirin Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat cek kesiapan tol baru itu. Lihat wawancara eksklusifnya hanya di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya