Divestasi Saham Adira Insurance, Danamon Tunggu Restu OJK

Bank Danamon
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk, melepas 70 persen kepemilikan sahamnya di PT Asuransi Adira Dinamika atau Adira Insurance kepada Zurich Insurance Company Ltd, senilai Rp3,9 triliun.

Adira Finance Appointed 3 New Directors

Wakil Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia, Michellina Triwardhany mengatakan, langkah itu akan menjadi salah satu bagian dari aksi korporasi Danamon pada 2019 mendatang.

Sebab, hingga kini, proses perjanjian jual beli saham bersyarat, atau Conditional Shares Sales Agreement (CSSA), masih menunggu persetujuan dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Raup Laba Bersih Rp 3,5 Triliun pada 2023, Bank Danamon Tebar Dividen Rp 1,2 Triliun

"Yang sudah kita umumkan adalah mengenai divestasi PT Adira Insurance. Jadi, itu kan kita umumkan rencananya, dan dalam hal ini kita masih proses approval (OJK) dengan segala macam dari regulasi," kata Triwardhany dalam acara public expose di Gedung BEI, Jakarta, Kamis 27 Desember 2018.

"Ini sudah akhir tahun, jadi tahun depan, saya rasa baru akan terjadi jika approval-nya (dari OJK) keluar," tambahnya.

Ini yang Bikin Momotor.id dan Momobil.id Indonesia Banget

Saat ditanya apakah sekiranya approval OJK pada proses divestasi saham PT Adira Insurance kepada Zurich Insurance Company Ltd itu akan rampung di semester satu atau semester dua 2019, Triwardhany mengaku belum bisa memastikan hal tersebut lebih lanjut.

"Kita masih belum tahu hal itu. Kita masih terus melakukan diskusi dengan OJK," ujarnya.

Diketahui, dalam perjanjian jual beli saham bersyarat atau CSSA tersebut, mereka harus tunduk pada sejumlah persyaratan, termasuk persetujuan dari OJK terhadap perubahan pemegang saham pengendali.

Dalam proses tersebut, ada tiga pihak yang terlibat, yakni PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Willy Suwandi Dharma, dan Zurich Insurance. Danamon melepas 70 persen saham, sedangkan Willy melepas 10 persen saham, sehingga Zurich akan memiliki 80 persen saham Asuransi Adira.

Melalui akuisisi ini, Zurich dipastikan akan menjadi perusahaan asuransi properti dan kerugian yang terbesar di Indonesia, dengan produk asuransi properti dan kerugian yang terdiversifikasi dan jalur distribusi yang kuat. Karena, asuransi Adira merupakan pemimpin pasar untuk asuransi kendaraan bermotor dan asuransi takaful di Indonesia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya