AKR Corporindo Resmikan Tiga Stasiun Penyalur BBM Satu Harga

Peresmian Lembaga Penyalur BBM Satu Harga milik AKR Corporindo.
Sumber :
  • Dokumentasi AKR Corporindo.

VIVA – Badan usaha penyalur bahan bakar minyak PT AKR Corporindo pada hari ini, Rabu 2 Januari 2019, meresmikan tiga lembaga penyalur BBM satu harga atau SPBKB di Lampung dan Kalimantan. Dengan demikian, hingga awal 2019, sudah sembilan dari 10 SPBKB yang telah dibangun perusahaan. 

Pertamina Resmikan 9 Titik Penyalur BBM 1 Harga di Papua dan Maluku

Ketiga SPBKB tersebut, yaitu SPBKB Sukau (Lampung Barat), SPBKB Ngambur (Pesisir Barat-Lampung) dan SPBKB Toba (Sanggau-Kalimantan Barat). Peresmian tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Migas, Djoko Siswanto di Lampung Barat, bersama dengan pihak-pihak terkait. 

Direktur PT AKR Corporindo Tbk, Nery Polim mengungkapkan, peresmian ini sebagai bentuk komitmen pihaknya mendukung program Pemerintah BBM Satu Harga yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo. 

Menteri ESDM Resmikan 17 Titik BBM Satu Harga, Ini Lokasinya

"Dengan berdiri dan beroperasionalnya ketiga outlet SPBKB AKR ini diharapkan masyarakat sekitar dapat menikmati BBM dengan harga yang sama sebagaimana ditetapkan oleh Pemerintah, dan sama seperti harga BBM di pulau-pulau lainnya di seluruh NKRI," ujar Nery dikutip dari keterangan resminya, Rabu. 

Sementara itu, Djoko dalam sambutannya mengapresiasi komitmen AKR tersebut. Khususnya, membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan lembaga penyalur BBM satu harga. 

Menteri ESDM Target Wujudkan 584 Titik BBM Satu Harga Sampai 2024

Ke depannya, dia menegaskan, akan bekerja sama dengan AKR untuk menambah lembaga penyalur tersebut di daerah-daerah pelosok. "Ini merupakan salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi-JK, yang termasuk Nawacita," ungkapnya.

Sebagai informasi, SPBKB Sukau, SPBKB Ngambur dan SPBKB Toba ini merupakan pengoperasian Lembaga Penyalur BBM ke tujuh hingga ke sembilan bagi AKR. Sebelumnya, AKR telah mendirikan dan mengoperasikan enam outlet SPBKB Lembaga Penyalur BBM Satu Harga, yaitu:

1. SPBKB Ledo di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat
2. SPBKB Batang Tarang di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
3. SPBKB Sandai di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat
4. SPBKB Way Tenong di Kabupaten Lampung Barat, Lampung
5. SPBKB Sepangah di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat
6. SPBKB Seluas di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Di 2019, AKR masih akan membangun satu Lembaga Penyalur BBM Satu Harga lagi di Propinsi Kalimantan Selatan, yang akan menjadi Lembaga Penyalur BBM Satu Harga ke sepuluh bagi AKR.

Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus menyatakan apresiasinya terkait pembangunan SPBKB Sukau. Hal ini akan meringankan beban masyarakat. "Yang selama ini, kesulitan dalam membeli BBM," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya