Jokowi Tinjau Proyek Rehabilitasi Irigasi Peninggalan Rezim Soeharto

Presiden Joko Widodo saat mengecek irigasi Lodoyo di Kelurahan Jegu, Blitar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Presiden Joko Widodo meninjau rehabilitasi saluran irigasi Lodoyo di Kelurahan Jegu, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Saluran tersebut merupakan salah satu infrastruktur pertanian yang banyak dibangun di masa kepemimpinan presiden ke-2 RI, Soeharto.

Lalu Lintas di Klender Dialihkan Sementara, Ini Rute yang Disarankan

"Irigasi primer ini dibangun tahun 1982," ujar Jokowi di lokasi, Kamis, 3 Januari 2018.

Menurut Jokowi, rehabilitasi saluran-saluran irigasi yang dibangun di masa itu kini termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pemerintah. 

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Pemerintahan Jokowi-JK pun menargetkan rehabilitasi saluran irigasi menjangkau hingga tiga juta hektare lahan pertanian dalam lima tahun terakhir.

"Perbaikan irigasi primer yang kita targetkan dalam rencana kita akan (menjangkau) tiga juta hektare (lahan pertanian). Ini (irigasi Lodoyo) salah satunya," ujar Jokowi.

Viral Mobil Hanyut di Saluran Air

Jokowi yang juga capres petahana di Pilpres 2019 ini menyampaikan rehabilitasi dimaksudkan supaya warisan infrastruktur itu tidak justru terbengkalai.

"Ini direhab agar air yang ada tidak hilang di tengah jalan," ujar Jokowi. (mus)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021