Gali Potensi Turis China, BRI Gandeng Alipay

Direktur Konsumer BRI, Handayani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan penyedia jasa sistem pembayaran asal China, Alipay. Hingga saat ini, kerja sama antara BRI dan Alipay masih tahap komunikasi termasuk dengan pemerintah. 

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Hal itu diungkapkan Direktur Konsumer BRI, Handayani usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di kantor pusat BRI. 

"Baru MoU, belum ada timeline. Masih banyak yang harus disampaikan termasuk izin," ujar Handayani, Kamis 3 Januari 2019.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

Meski demikian, ia masih optimistis bentuk kerja sama antara BRI dan Alipay dapat rampung tahun ini. Sebab, dia melanjutkan, kerja sama ini dilakukan untuk mendorong industri pariwisata Indonesia khususnya menggaet turis asal China. 

"Karena kan memang banyak domestik China yang datang ke Indonesia dan mereka punya alat bayar khusus. Tentu kita harus bisa memfasilitasi bagaimana mereka bisa bertransaksi di merchant kita," katanya. 

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

Dalam hal ini, sambung dia, BRI berupaya untuk bisa mengakomodasi transaksi turis China di Indonesia menggunakan Alipay maupun potensi pemanfaatan alat bayar lainnya. Khususnya, kata dia, destinasi favorit turis China adalah di Bali. 

"Salah satunya fokusnya di Bali karena destinasi favorit bagi China tourism," katanya. 

Sementara itu, untuk proyeksi keuntungan, Handayani mengaku belum bisa memperkirakannya. Namun, ditegaskannya, upaya kerja sama ini merupakan langkah untuk mendorong peningkatan pariwisata RI. 

"Ini kan salah satu opportunity kita agar transaksi khususnya support bagaimana pemerintah bisa terus meningkatkan pariwisata," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya