Kata Istana Tanggapi Sandiaga Sebut Bangun Infrastruktur Tanpa Utang

Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko
Sumber :
  • Adi Suparman (Bandung)/VIVA

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga S Uno selalu mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, bisa dilakukan tanpa harus menggunakan dana utang. Ia mengklaim, pernah melakukan itu saat pembangunan jalan tol Cikopo-Palimanan.

Polri Ungkap Mahasiswa Korban TPPO di Jerman Banyak Terlilit Utang

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Staf Presiden, Moeldoko mengatakan, sebenarnya bisa saja pemerintah tidak membangun infrastruktur. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ada, cukup untuk bayar utang saja. Tetapi masa depan bangsa, menurutnya, menjadi tidak jelas.

"Sama kayak dengan di rumah lah, (anak) enggak usah sekolah supaya bayar utang. Masa depan anakmu jadi enggak jelas, kan begitu," ujar Moeldoko, Jumat 4 Januari 2019.

Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp 72 Triliun hingga 15 Maret 2024

Dia pun menjelaskan, setiap utang yang diambil pemerintah, selalu ada hitung-hitungannya. Seperti, kemampuan bayar pemerintah hingga investasi yang akan dihasilkan nantinya. 

"Return of investment kan bisa dihitung, jadi jangan terus kita kayak orang takut berutang," katanya.

Butuh Uang, Lolly Anak Nikita Mirzani Ngaku Promosikan Situs Judi Online

Menurut dia, setiap utang yang ditarik pemerintah selalu akan berpikiran untuk kelangsungan masa depan yang lebih baik. Untuk itu, ditegaskannya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. (art)

Gedung BNI.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BBNI akan menerbitkan surat utang senior dalam denominasi dolar Amerika Serikat atau global bond.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024