65 Proyek Bendungan Rampung, Jokowi Yakin Produksi Pangan Meningkat

Presiden Jokowi dan Dirjen SDA Kementerian PUPR saat kunjungi bendungan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Presiden Joko Widodo meyakini produksi pangan nasional akan meningkat secara signifikan, usai tuntasnya pembangunan 65 waduk/bendungan, yang terdiri dari 16 proyek lama dan 49 proyek baru.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Infrastruktur pertanian itu salah satunya berfungsi membendung air, lantas mengalirkannya ke persawahan-persawahan melalui saluran irigasi-irigasi ke desa-desa.

"Ini (65 bendungan/waduk) diselesaikan dulu semuanya, baru nanti bicara (saluran irigasi) primernya sampai tersiernya di sawah," ujar Jokowi di sela-sela meninjau kemajuan pembangunan Waduk Bendo di Ponorogo, Jawa Timur, Jumat 4 Januari 2019.

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur pertanian itu masih menjadi salah satu upaya besar pemerintah untuk terus menciptakan ketahanan pangan nasional.

"Ini memang, proses jangka panjang yang harus dilalui, karena waduk kita kan juga jumlahnya baru sedikit sekali," ujar Jokowi.

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik

Jokowi yang juga capres petahana di Pilpres 2019 ini berjanji, untuk terus juga membangun banyak infrastruktur pendukung pertanian lain. Pembangunannya diperlukan, supaya pertanian dan ketahanan pangan nasional semakin kuat.

"Perlu semakin banyak waduk, tampungan air, juga embung-embung yang kecil, dalam rangka ke sana (terciptanya ketahanan pangan nasional)," ujar Jokowi. (asp)

Harga telur naik di Semarang, Jawa Tengah.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Harga komoditas pangan beberapa terpantau rata-rata mengalami kenaikan di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024