Aturan Ini yang Bikin Lion dan Wings Air Tak Lagi Gratiskan Bagasi

Wings Air rute
Sumber :
  • Antara/Andika Wahyu

VIVA – Mulai 8 Januari 2018 bawa barang yang masuk bagasi penerbangan maskapai Lion Air dan Wings Air tidak lagi gratis. Aturan baru tersebut sudah diumumkan maskapai pada akhir pekan lalu. 

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Apakah pengenaan tarif pada bagasi penerbangan itu melanggar aturan? Ketentuan mengenai tarif bagasi itu diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dalam pasal 22 aturan tersebut, dikutip Senin 7 Januari 2019, dijelaskan bahwa tarif bagasi ditentukan berdasarkan kelompok pelayanan penerbangan. Untuk maskapai yang masuk kelompok full service paling banyak mengratiskan 20 kilogram gratis.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Kemudian kelompok maskapai medium service sebanyak 15 kg secara gratis. Dan ketiga, maskapai low cost carrier (LCC) boleh untuk tidak mengratiskan bagasi. 

Jika merujuk pada aturan tersebut, kebijakan kedua maskapai Lion Grup itu tidak melanggar aturan. Apalagi, bagasi berbayar juga sudah lumrah diterapkan di penerbangan maskapai LCC lainnya di dunia. (row)

Mudik Lebaran 2024, Lion Air Grup Prediksi Kenaikan Penumpang 10-20 Persen


 

Pendiri Lion Group Rusdi Kirana

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Pemilik Lion Group Rusdi Kirana mengungkapkan harapannya setelah Prabowo-Gibran diumumkan sebagai pemenang pemilu oleh KPU.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024