Bank Mandiri Gandeng Pertamina dan Telkom Kembangkan QR Code

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – PT Bank Mandiri Tbk, bersama Himpunan Bank-Bank Milik Negara, saat ini tengah mengembangkan teknologi keuangan atau fintech dalam hal sistem pembayaran berkode berbasis Quick Response code atau QR Code.

Livin' by Mandiri Beri Bebas Biaya Transfer Antarbank, Begini Caranya

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko memastikan, sistem fintech berbasis QR Code yang turut dikembangkan bersama dengan PT Pertamina dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, itu rencananya akan segera diluncurkan di kuartal-I 2019.

"Itu sudah kita sepakati dan kita akan juga matangkan. Semoga nanti, kuartal I 2019 ini kita akan launching," kata Tiko di kantornya, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin 7 Januari 2019.

Livin' by Mandiri Error Jadi Trending Topic Twitter

Meski demikian, Tiko mengaku bahwa hingga saat ini, para pihak perbankan memang belum terlalu ekspansif dalam mempromosikan layanan pembayaran melalui QR Code tersebut.

"Karena, pihak-pihak perbankan itu juga masih menunggu aturan standarisasi dari pihak Bank Indonesia," kata Tiko.

Bank Mandiri Siap Layani Investor Cari Peluang Investasi di RI

Selain itu, di tahun ini, Tiko menjelaskan bahwa pihaknya juga berencana menyuntikkan modal ke Mandiri Capital Indonesia (MCI). Namun, Tiko belum mau merincikan berapa jumlah suntikan modal tersebut.

"Di tahun 2019, kami akan menambahkan modal MCI. Tujuannya untuk mengintegrasikan dan mengolaborasikan bisnis perbankan, serta fintech. Kita coba, agar bisa kolaborasi dan penetrasi di segmen yang belum kita sentuh," kata Tiko

Selain itu, lanjut Tiko, Bank Mandiri juga akan meningkatkan penetrasi ke kredit mikro Amartha, sebagai fintech yang berafiliasi dengan Bank Mandiri.

"Karena di Bank Mandiri, ultra mikro tidak masuk. Tapi melalui Amartha bisa, kita melakukan dengan 'chanelling' melalui Amartha," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya