Mitigasi Gempa Jadi Acuan Bangun Infrastruktur Medan

Peta Tapanuli Selatan.
Sumber :
  • Repro Google Maps

VIVA – Kawasan Batangtoru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, merupakan kawasan zona gempa. Hal ini, membuat pembangunan infrastruktur di kawasan itu tetap mengacu mitigasi risiko gempa.

Badan Wakaf Indonesia Terima Paten Konstruksi Sarang Laba-laba

Geolog Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof T. Abdullah Sanny menyatakan, zona gempa di kawasan Batang Toru, bukan berarti tidak boleh ada pembangunan infrastruktur. Menurut Abdullah, pembangunan bisa berjalan, sepanjang telah memiliki kajian penelitian komprehensif.

Hasil penelitian tersebut, menjadi pedoman menentukan model infrastruktur yang dibangun. SelaLangkah ini bertujuan memitigasi risiko kegempaan.

Gempa 5,8 SR Guncang Kota Padangsidimpuan, Terasa Hingga Sibolga

"Itu bisa direkayasa. Artinya, perlu diketahui bahwa vibrasi yang akan ditimbulkan oleh gempa terhadap bangunan dengan mendesain struktur yang sesuai," kata Abdullah, seperti dikutip dari keterangannya yang diterima, Rabu 9 Januari 2019.

Sementara itu, terkait kondisi Batangtoru yang berada di zona gempa dan di kawasan itu akan dibangun Pembangki Listrik Tenaga Air (PLTA), Lismawaty dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumut, yang juga pengajar Program Studi Teknik Geologi Institut Teknologi Medan (ITM), menyatakan, lokasi pembangunan PLTA Batang Toru tidak ada masalah. Sepanjang memenuhi semua syarat kajian yang telah dilakukan, maka proyek Batangtoru dinilai sebagai solusi.

Kajian Mitigasi Gempa PLTA Batang Toru Tuntas Sejak 2017

"Saya sangat optimistis, berbagai kajian soal kegempaan yang juga sudah dilakukan akan membuat PLTA Batangtoru akan menjadi solusi dan tidak justru menjadi masalah," katanya dalam diskusi ‘Dinamika Tektonik & Potensi Bahaya Gempa Segmen Toru, Khususnya PLTA Batang Toru’ di Medan, belum lama ini.

Dalam kesempatan yang sama, tenaga ahli PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), Didiek Djawadi mengatakan, pembangunan penampungan air untuk proyek pembangkit listrik sepenuhnya dilakukan dengan memperhatikan berbagai kajian dan penelitian akademik. Kajian-kajian tersebut, melingkupi kajian terkait potensi gempa dari berbagai sumber yang dimungkinkan seperti Subduction Zone, Shallow Crustal & Background, serta Benioff Zone.

"Semuanya, diperhitungkan berdasarkan potensi dari semua jenis sumber gempa yang dimungkinkan," katanya.

Dari dasar kajian ini, pembangunan penampungan air tersebut dipastikan dilakukan dengan mempedomani berbagai prosedur yang menjadi standar nasional hingga standar internasional sebagaimana yang tercantum dalam Bulletin ICOLD (International Commissionon Large Dams), US Army Corpsof Engineer, dan standar lainnya.

"Itu yang harus kita analisis, bagaimana membuat suatu bangunan yang tidak runtuh oleh gempa. Sehingga, baik dari struktur, beton, jenis tipenya itu semua harus terukur, sehingga dia tidak runtuh," katanya.

Bangunan Tambang

Masalah potensi gempa ini, termasuk menjadi perhatian pegiat lingkungan terkait dengan keberadaan perusahaan tambang di Batangtoru. Penampungan limbah tambang atau tailing menjadi salah satu persoalan yang harus menjadi perhatian pemerintah pada perusahaan pertambangan yang beroperasi pada daerah sesar gempa seperti di kawasan Batangtoru, Tapanuli Selatan.

Sebelumnya, Direktur Jaringan Monitor Tambang (JMT) Ali Adam menyatakan, tak tertutup kemungkinan penampungan limbah yang biasanya mengandung bahan-bahan kimia berbahaya akan mengalami kerusakan saat terjadinya gempa.

“Secara teknis, kami tentu tidak pernah mengukur kekuatan, tentu itu menjadi bagian yang harus diawasi pemerintah,” kata dia.

Meskipun pihak perusahaan tambang mengklaim penampungan limbahnya aman, publik tetap mengkhawatirkan risiko yang terjadi jika gempa di sesar. Pemerintah dan pihak terkait harus belajar dari bencana kerusakan reaktor nuklir Fukushima, Jepang, yang sebelumnya digadang-gadang memiliki standar keselamatan tinggi, ternyata menimbulkan dampak pencemaran lingkungan fatal akibat kebocoran limbah setelah gempa terjadi.

Risiko serupa pun bisa terjadi terhadap penampungan limbah pertambangan emas di kawasan Batangtoru, yang saat ini saja sudah menimbulkan dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan Sungai Batangtoru.

Disebutkan Ali, pihaknya beberapa waktu lalu pernah melakukan investigasi terkait keberadaan kolam penampungan limbah tambang di Batang Toru. Hasilnya, mereka memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki kawasan penampungan untuk memproses limbah tambang sebelum dibuang ke Sungai Batangtoru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya